Beranda / Asian Games 2018 / Asian Games : Bukti Indonesia Selalu Menjadi Tuan Rumah yang Baik

Asian Games : Bukti Indonesia Selalu Menjadi Tuan Rumah yang Baik

Di Asia, Indonesia  dikenal sebagai bangsa yang ramah, baik dan dan memegang teguh adat istiadat dan budaya leluhurnya. Salah satunya adalah penghormatan yang tinggi terhadap tamu-tamunya. Dalam catatan sejarah, Indonesia pernah menjadi tuan rumah untuk konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di Bandung. Konferensi ini sampai saat ini masih menjadi buah bibir masyarakat Asia-Afrika yang tidak ada satupun rakyat di negara-negara di kedua benua itu yang tidak mengenal Bandung dan Indonesia. Karena Konferensi itulah membuat mereka merdeka dan memiliki negara sendiri.

Jika pada tahun 1955, Indonesia menjadi tuan rumah untuk sebuah martabat bangsa-bangsa di Asia-Afrika agar bebas dari penjajahan, kini yang kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah yang baik bagi laga olahraga untuk bangsa-bangsa Asia yaitu pada tahun 1962 dan  2018 ini.

Ada beberapa indikasi sehingga Indonesia dapat dikatakan sebagai bangsa yang sukses menjadi tuan rumah yang baik dari pelaksanaan Asian Games antara lain sebagai berikut:

  1. Pelayanan komsumsi bagi setiap atlet.

Indonesia sebenarnya temasuk salah satu negara yang paling rendah dalam standar keamanan makanan jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia Tenggara. Namun kali ini, Indonesia mampu menunjukkan kemampuannya untuk menjamu tamu-tamunya setiap hari sesuai dengan standar keamanan internasional. Bayangkan saja, setiap hari tim katering Asian Games harus menyediakan lebih dari 40 ribu porsi  makanan setiap hari yang sesuai dengan standar nutrisi internasional bagi atlet mulai dari makanan Asia, Mandarin, Timur Tengah dan bahkan makanan ala Eropa. Semua disediakan oleh pihak catering tanpa batas waktu selama perlombaaan Asian Games.

  1. Infrastruktur venue kegiatan yang memiliki standar internasional

Inasgoc pada kegiatan ini telah menyediakan venue untuk semua cabang olahraga dengan standar internasional, bahkan sejumlah peserta atlet kagum melihat fasilitas-failitas olahraga yang disediakan selama pelaksanaan Asian Games. Artinya bahwa Indonesia telah berhasil menyediakan sarana dan prasarana bagi semua atlet  sesuai dengan standar yang biasanya digunakan di laga olahraga internasional. Bahkan pemerintah kini sedang berpikir bagaimana memelihara semua venue yang telah dibangun milyaran rupiah agar tetap terpelihara dengan baik sehingga bisa menjadi ajang promosi Indonesia ke depan dalam memanangkan kegiatan olahraga internasional seperti olimpiade.

  1. Keamanan dan Kenyamanan

Selama pelaksanaan kegiatan Asian Games tidak terjadi apapun yang dapat menganggu konsentrasi atlet dan semua penonton yang berdatangan dari berbagai Negara. Mereka dengan bebas bergerak ke mana-mana tanpa merasa ketakutan. Di beberapa negara jika seseorang berkunjung ke negara itu ada kekhawatiran untuk bergerak tanpa ada pembimbing. Namun, di Jakarta dan Palembang semua atlet dan penonton bebas ke sana ke mari menyaksikan perlombaan di setiap venue.

  1. Peacemakers bagi Kedua Korea

Pada penyelenggaraan Asian Games kali ini satu hal yang paling penting dicatat adalah Indonesia telah menjadi peacemaker bagi Korsel dan Korut. Delegasi kedua negara itu menjadi satu tim padahal kedua negara itu sejak lama bermusuhan bahkan terlibat dalam perang. Namun, kali ini dan yang pertama kalinya kedua negara itu menjadi satu delegasi persis ketika pelaksanaan Konferensi Asia Afrika di mana beberapa negara yang masih dijajah oleh pemerintah kolonial di negaranya, pada konferensi itu,  telah menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang merdeka. Jika nantinya Korsel dan Korut akan terus berdamai dan kembali menjadi negara yang bertetangga tanpa ada permusuhan berarti Asian Games telah menjadi peacemaker bagi kedua negara itu.

  1. Asian Games Melahirkan Duta-duta bangsa yang Baru

Pelaksanaan Asian Games yang dinilai sukses telah membuka peluang bagi Indonesia untuk memiliki perwakilan di berbagai organisasi olahara regional dan internasional. Ke depan Indonesia memiliki posisi tawar di organisasi-organisasi dalam berbagai event olahraga seperti menjadi wasit atu juri internasional. Indonesia akan semakin percaya diri dengan keterlibatannya di berbagai organisasi olahraga.

Kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik adalah sebuah capaian yang patut diapreasi. Inilah kesuksesan bangsa ini karena keterlibatan seluruh pihak. Hanya mereka yang tidak waras yang akan selalu membully kegiatan Asian Games di Jakarta dan Palembang

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Asian Games 2018: Sukses Bersejarah!

Indonesia sukses menjadi tuan rumah dalam penyelenggaran Asian Games 2018. Apresiasi dan pujian datang tidak …