ISIS Umumkan Pemimpin Baru

Jakarta- Kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kini telah memiliki pemimpin baru pasca tewasnya Abu Ibrahim al-Qurashi akibat bunuh diri saat dikepung pasukan koalisi di Suriah beberapa waktu. Pemimpin baru itu bernama Abu Hasan al-Hashemi al-Quraishi yang kemungkinan masih memiliki hubungan saudara dengan Abu Ibrahim al-Qurashi.

“ISIS telah berjanji setia kepada Abu Hasan al-Hashemi al-Qurashi sebagai amir atas orang-orang beriman dan khalifah umat Islam,” kata juru bicara ISIS dalam rekaman audio dilansir dari AFP, Kamis (10/3/2022).

Tidak hanya mengumumkan pemimpin baru, juru bicara ISIS itu juga mengkonfirmasi kematian Abu Ibrahim al-Qurashi bersama anggota kelompok teroris itu.

Seperti diketahui, Qurashi tewas meledakkan diri pada awal Februari saat diserbu tentara Amerika Serikat (AS) di barat laut Suriah, sebuah daerah yang dikendalikan oleh pasukan koalisi dan tentara anti-ISIS di Suriah.

Abu Ibrahim al-Qurashi diketahui memimpin ISIS sejak kematian Abu Bakr al-Baghdadi, pendiri dan pemimpin ISIS sebelumnya, tahun 2019 juga dalam operasi khusus militer AS. Baghdadi pada saat itu juga dilaporkan meledakkan diri saat digerebek militer AS di Suriah.