Spanyol, Maroko tangkap 14 orang tersangka perekrut ISIS

Mereka yang ditahan diduga terlibat dalam jaringan untuk mengirim pejuang ke daerah-daerah di Suriah dan Irak yang berada di bawah kendali ISIS.

Spanyol dan Maroko menahan 14 orang dalam operasi bersama yang menyasar terduga perekrut untuk kelompok milisi ISIS.

Penangkapan itu terjadi di kawasan pinggiran Madrid dan beberapa kota di Maroko.

Mereka yang ditahan diduga terlibat dalam jaringan untuk mengirim pejuang ke daerah-daerah di Suriah dan Irak yang berada di bawah kendali ISIS.

Pada Jumat (21/08), seorang warga Maroko yang tinggal di Spanyol ditangkap setelah gagalnya serangan di kereta ekspres di Prancis.

Ayoub El-Khazzani, 25, berasal dari Tetouan di Maroko utara, dan tiba di Spanyol pada 2007 lalu tinggal di sana selama tujuh tahun, di Madrid dan Algeciras, sebelum pindah ke Prancis.

Dia dicurigai menjalin kontak dengan kelompok Islam radikal dan masuk dalam daftar “kemungkinan berbahaya”.

Sumber-sumber di kesatuan anti-teror Spanyol yang dikutip jaringan radio Cadena Ser mengatakan bahwa ada 800 orang dengan profil Islam radikal yang ada di Eropa dan siap menyerang setelah kembali dari Suriah dan Irak.

Penangkapan terbaru terjadi di distrik San Martin de la Vega, di Madrid, dan di kota-kota di Maroko seperti Fez, Casablanca, Nador, al-Hoceima, dan Driouech. ¬†Ayoub El-Khazzani dicurigai menjalin kontak dengan kelompok Islam radikal dan masuk dalam daftar “kemungkinan berbahaya”¬†Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan bahwa operasi terus berlanjut, tanpa memberi detail spesifik.

Sumber : http://m.news.viva.co.id/bbc/read/40206539-spanyol-maroko-tangkap-14-orang-tersangka-perekrut-isis