Beranda / Berita / Rentang 2014-2017 ISIS Hancurkan 116 Desa di Kirkuk

Rentang 2014-2017 ISIS Hancurkan 116 Desa di Kirkuk

Kirkuk – Pasca kekalahan diberbagai wilayah Irak dan Suriah, kelompok teroris yang menamakan dirinya sebagai Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) meninggalkan luka dan trauma dimasyarakat yang wilayahnya pernah mereka kuasai, khususnya di wilayah Provinsi Kirkuk, Irak. Selama rentang waktu tiga tahun 2014 – 2017 kelompok teroris ISIS telah menghancurkan desa-desa sebanyak 116.

Dikutip dari laman www.republika.co.id yang dilansir oleh Anadolu, Rabu (10/1/2018). Gubenur Kirkuk Rakan Saed mengatakan, kelompok teroris tersebut menghancurkan desa-desa 2014 – 2015.

Menurut Saed, ribuan penduduk masih tinggal di tenda-tenda dekat kota pusat kota Kirkuk. Dia menambahkan, wilayah selatan Kirkuk merupakan wilayah yang paling banyak didatangi kelompok ISIS diseluruh Irak. Banyak desa tidak lagi memiliki listrik, air bersih, layanan kesehatan serta pendidikan.

“Penduduk desa tidak bisa kembali ke rumah mereka, sepertinya tidak mungkin warga kembali sebelum infrastruktur yang hancur total direkonstruksi. Untuk rekonstruksi, pasti ada kebutuhan dukungan negara,” katanya.

Oktober lalu, pasukan Irak merebut distrik Hawija Kirkuk, kira-kira 45 kilometer sebelah barat kota Kirkuk yang dianggap sebagai salah satu markas kelompok teroris di Irak utara.

Dalam beberapa bulan bulan terakhir ISIS telah mengalami kekalahan besar di Irak dan Suriah setelah selama tiga tahun menguasai kedua negara tersebut.

Tentang HT

Baca Juga

Kapolri: Penegak Hukum Harus Fokus Telusuri Jejak Pendanaan Teroris

Melbourne – Kelompok teroris dan pelaku kejahatan transnasional terus berinovasi memanfaatkan kemajuan teknologi informasi guna …