Beranda / Berita / Praktisi Pendidikan Ini Dukung Penguatan Karakter Pelajar

Praktisi Pendidikan Ini Dukung Penguatan Karakter Pelajar

Jakarta – Praktisi pendidikan Dr Emrus Sihombing mendukung Kementerian Pendidikan melakukan penguatan karakter kepada para pelajar dan mahasiswa pada tahun ajaran 2017/2018.

Menurutnya, penguatan karakter dan integritas kebangsaan bagi generasi penerus adalah hal yang sangat penting untuk membangun bangsa ini menjadi sejajar dengan negara yang sudah lebih dulu maju. Intinya harus menjaga persatuan dan kebhinnekaan yang dibangun oleh para pendiri bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan pada masa lalu.

“Saya rasa penguatan karakter itu mutlak harus dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kemristekdikti kepada anak-anak yang menimba ilmu di jenjang pendidikan dasar hingga mahasiswa,” katanya kepada Damailanindonesiaku.com, Senin (17/7/2017).

Dosen pascasarjana Universitas Pelita Harapan itu menambahkan, pluralisme adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan oleh bangsa ini. Manusia kembar yang 9 bulan berada dalam satu kandungan ibunya saja memiliki sikap yang plural (berbeda). Apalagi warga negara Indonesia yang terdiri atas ratusan suku dari Sabang sampai Merauke.

“Jadi mari kita bangun semangat anak-anak kita supaya berjiwa Pancasila yang memiliki adab, semangat, dan persatuan untuk membangun bangsa yang sangat majemuk ini. Saya pikir, kalau kita bersatu mengisi kemerdekaan, kita akan menjadi negara yang sejajar dengan negara-negara maju dalam 20 tahun ke depan. Ilmu pengetahuan dan sains sudah bisa pelajari melalui media yang sangat terbuka, semua tersedia di sana,” ungkapnya.

Tentang S S

Baca Juga

Menlu Retno Paparkan Program Deradikalisasi di PBB

New York – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Lestari Priansari (LP) Marsudi mengatakan bahwa …