Polisi -TNI Bersinergi Ciptakan Keamanan dan Kenyamanan Tamu Asian Games 2018

Jakarta – Beberapa cabang olahraga pada Gelaran Asian Games ke-18 telah mulai dipertandingkan sebelum pembukaan pada tanggal 18 Agustus 2018 di Jakarta. Pertandingan sepak bola antara Indonesia vs China Taipe menjadi awal perburuan gelar bagi para atlet yang ikut terlibat dalam setiap pertandingan.

Demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan para atlet yang datang dari negara-negara Asia, Jakarta dan Palembang yang menjadi tempat berlangsungnya berbagai pertandingan cabang olahraga mulai berbenah. Kedua kota telah mempercantik setiap sudut kota hingga tamu yang akan datang untuk menyaksikan pertandingan akan merasa nyaman dan betah.

Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan para atlet dan tamu yang akan datang, pihak Polri – TNI menjalin sinergitas dalam rangka menjaga kondusivitas keamanan dan kenyamanan sehingga seluruh pertandingan dapat dinikmati dengan penuh kegembiraan.

Dikutip dari laman detik.com, pada malam pembukaan yang akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2018 di Jakarta, Polisi akan melakukan penjagaan secara ketat di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Sebanyak 8.000 personel gabungan dari Polri dan TNI disiagakan untuk menjaga acara tersebut.

“Sekitar 8.000 personel yang disiapkan. Kita juga ada pasukan yang siap di Mabes Polri maupun Polda Metro. Itu termasuk ada TNI,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto saat dihubungi detikcom, Jumat (17/8/2018) malam.

Selain itu, polisi membagi pengamanan dalam empat ring dari kompleks GBK hingga lokasi yang akan dilalui atlet akan dijaga ketat.

“Kita persiapkan, bentuk jadi empat ring. Ring pertama adalah yang di dalam GBK. Kemudian di luar GBK, di putaran itu ring dua. Ring 3, itu di luar area seperti di TVRI, kemudian Polda Metro dan Jalan Gatot Subroto, itu ring tiga. Ring empat sampai ke Wisma Atlet Kemayoran sampai jalur-jalur yang dilintasi,” kata Setyo.

Semua hal sudah disiapkan polisi termasuk menyiagakan tim gegana. “Sangat ketat,” kata Setyo.

Menurut Setyo, GBK akan ditutup sejak pukul 14.00 WIB. Orang tak berkepentingan tidak bisa masuk ke kawasan tersebut.

“Tidak boleh ada yang masuk ke GBK, yang boleh masuk hanya yang pakai tanda khusus dan undangan,” katanya.

Seperti diketahui, seremoni pembukaan Asian Games 2018 akan dilaksankan di GBK pada pukul 19.00 WIB nanti malam. Acara tersebut dipersiapkan secara meriah, sebanyak 35 ribu tiket sudah ludes terjual.