Beranda / Berita / Kegiatan / Peringari Hari Kartini, Perempuan di Banten Diajak Mencegah Terorisme

Peringari Hari Kartini, Perempuan di Banten Diajak Mencegah Terorisme

Serang – Seratusan perempuan dari berbagai elemen dan komunitas dari Kota Serang dan sekitarnya, Kamis (25/4/2019), dihadirkan di kegiatan Pelibatan Perempuan dalam Pencegahan Terorisme. Kegiatan ini sekaligus sebagai peringatan Hari Kartini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Banten, H. Ade Aryanto, menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan oleh BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Banten tersebut. Dia menyebut, kegiatan ini sebagai bentuk positif dalam menyemarakkan peringatan Hari Kartini.

“Perempuan ada di setiap lini kehidupan di masyarakat, mulai dari keluarga hingga lingkungan. Maka dari itu perannya harus diptimalkan, termasuk dalam upaya pencegahan radikal terorisme,” kata Aryanto.

Pemerintah Provinsi Banten, lanjut Aryanto, menyambut positif gelaran kegatan berrema ‘Perempuan Agen Perdamaian’ tersebut. Dalam paparannya, dia mengajak kelompok perempuan berkontribusi nyata dalam setiap upaya pencegahan paham radikal terorisme.

“Di era perkembangan teknologi saat ini, di mana informasi begitu deras mengalir di masyarakat, perempuan harus mampu memperkokoh pondasi dalam diri dan keluarganya sehingga mampu menjadi benteng darri penyebarluasan paham radikal terorisme,” jelas Aryanto.

Ketua FKPT Banten, Rumiah Kartoredjo, di kesempatan yang sama menyebut Banten sebagai wilayah dengan catatan kasus terorisme yang tinggi. Karenanya, dia mengajak kelompok perempuan dari berbagai elemen untuk bahu membahu dalam menjadikannya Banten semakin akan ke depan.

“Maminjam istilah dari BNPT, dulu Banten itu disebut wilayah merah dalam kasus terorisme. Menjadi tugas kita semua untuk menghapus stigma itu, menjadikan Banten ke depan wilayah yang aman dari penyebarluasan paham radikal terorisme,” ajak Rumiah.

Mantan Kapolda Banten tersebut juga mengatakan, pelibatan ini akan mampu mendorong srikandi-srikandi di Banten untuk maju di garda terdepan dalam pencegahan penyebarluasan paham radikal terorisme. “Mari terus tanamkan semangat menjaga perdamaian di Banten. Terus pelihara kerukunan yang sudah terbangun, dan jangan biarkan semua itu dirusak oleh kejahatan yang bertanggung jawab seperti terorisme,” pungkasnya.

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Tunggu Perpres Pelibatan TNI Disahkan, BNPT kembali Samakan Persepsi Bersama Pasukan Anti Teror TNI

Jakarta – Aturan mengenai pelibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam Penanggulangan Terorisme (Gultor) sesuai dengan …