Pemprov Sulbar Perkuat Toleransi & Kerukunan Umat Beragama Jelang Pemilu 2024 

Mamuju – Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar), Muhammad Idris, jadi inspektur upacara (Irup) Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama ke-77 di halaman kantor Kanwil Kementrian Agama Sulbar, Jl Abd Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Simboro.

Pidato serentak Menteri Agama RI yang disampaikan Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengajak seluruh ASN memperbaiki niat, pelayanan serta pengabdian kepada ummat bernegara.

“Kita sebagai generasi Kementrian Agama, setahun yang lalu dalam memperingati hari HAB yang ke-76 Kementrian Agama, untuk menggelorakan tranformasi layanan ummat, secara bertahap untuk mewujudkan Masyarakat Harmonis,” ujar Idris dalam keterangannya, Senin (2/1).

Dia menjelaskan, perubahan birokrasi pada Kementerian Agama lebih lincah dan responsif. Termasuk penerapan transformasi digital dengan mengandalkan aplikasi layanan kementrian agama.

“Beragam inovasi digital terus dilakukan, semua itu upaya untuk peningkatan khusus sebagai pendekatan terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Sekprov Sulbar juga mengharapkan momentum HAB bisa meningkatkan toleransi ummat beragama.

Terkhusus pada momentum politik 2024 dapat menjaga stabilisasi kerukunan bernegara dan beragama.

“Sesuai dengan Amanat Menteri Agama, kita harus bisa menjaga solidaritas ummat menjelang pesta demokrasi 2024, dalam momentum nasional, itu bisa jadi akan menjadi problem jika tidak di rawat dengan baik,” ucap idris

Lebih lanjut kata Idris, dengan momentum HAB menjadi kesempatan menunjukkan konektivitas, dan mengutamakan kebersamaan dalam menyelesaikan konflik dan kesalahpahaman.

Kegiatan HAB diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan Kementerian Agama RI kepada Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi Ketua DPRD Sulbar, St. Suraidah Suhardi, Kepala Biro Tapem dan Kesra Sulbar, Moh. Saleh Rachim, Ketua PHBI Mamuju.