Pemkab Sorong Ajak Tokoh agama dan Suku Nusantara Perkuat Toleransi Beragama

Papua – Pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya mendorong tokoh agama dan suku Nusantara melalui acara halal bihalal dapat memperkuat dan mempererat toleransi antar umat beragama di wilayah itu, Sabtu.

Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso di Sorong, Sabtu, mengatakan membangun hubungan silaturahmi merupakan satu cara bagaimana menjaga dan mempererat toleransi anta umat beragama.

“Marilah kita terus mempertahankan nilai luhur budaya kita dengan saling menjaga hubungan silaturahmi untuk semakin memperkuat toleransi di Kabupaten Sorong,” jelas Mosso pada pertemuan Halal Bihalal lintas agama dan suku di Distrik Mayamuk.

Dikatakannya bahwa Kabupaten Sorong merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat Daya yang memiliki keanekaragaman agama, suku dan budaya tinggal dan menetap di kota yang dijuluki sebagai “Kota Minyak”.

“Akhlak mulia yang dilakukan setiap orang adalah bentuk toleransi kehidupan beragama dan harapan kita semua bagaimana merajut kebinekaan hidup beragama,” kata┬áMosso.

“Kita telah mewujudkan toleransi dalam kehidupan beragama dan Kabupaten Sorong menjadi contoh rumah kerukunan dan hal ini patut kita banggakan dan pertahanan serta tingkatkan,” kata Mosso.

Ia kemudian mengajak seluruh tokoh agama dan kepala suku nusantara untuk menjaga dan merawat nilai-nilai toleransi yang telah berjalan selama ini, supaya tanah Malamoi yang merupakan tempat untuk hidup dan beraktivitas segala suku, aman dan sejahtera.

Penjabat Bupati Sorong pun menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Sorong yang telah ikut berpartisipasi aktif melancarkan hari raya Idul Fitri 1444 H.

Pemerintah Kabupaten Sorong pun akan terus memperhatikan setiap program kerja dalam bidang sosial dan agama untuk masing-masing agama.

Ini, kata Mosso, merupakan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan hubungan silaturahmi antar umat beragama sekaligus mendorong lembaga keagamaan untuk mendukung kebijakan pemerintah daerah demi pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Kepada kita semua mari kita jaga toleransi kita dan ini harus kita wujudkan lebih harmonis lagi,” tambahnya.