Beranda / Berita / Masuki Usia Ke-7, Begini Cara BNPT Merayakan HUT

Masuki Usia Ke-7, Begini Cara BNPT Merayakan HUT

Bogor – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hari ini genap memasuki usia ke-7. Bagi kepala BNPT, Komjen Pol. Suhardi Alius, momen ulang tahun ini adalah kesempatan yang baik untuk menguatkan sinergi lembaga dan masyarakat dalam rangka menanggulangi terorisme secara lebih optimal.

“Kami melihat momentum Ulang Tahun ke-7 BNPT ini kita maknai sebagai penguatan sinergi BNPT dengan lembaga dan masyarakat dalam upaya menanggulangi terorisme,” ungkapnya saat memberikan sambutan di peringatan HUT BNPT ke-7 yang digelar di kantor BNPT di Komplek IPSC, Sentul, Bogor.

Baginya, sinergi antara lembaga dan masyarakat harus dikuatkan, sebab ancaman terorisme tidak pernah surut. “Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan bahwa tantangan terorisme yang sedang hadapi oleh Negara ini tidak pernah surut. Terorisme terus menjadi ancaman serius bagi bangsa ini yang tidak hanya menyasar keamanan masyarakat, tetapi secara ideologis sebagai ancaman laten bagi keutuhan dan kedaulatan NKRI,” jelasnya.

Kepala BNPT juga menyatakan rasa sukur dan terimakasih kepada banyak pihak yang telah ada bersama BNPT selama ini. Ia menyebut bahwa lahirnya BNPT merupakan respon kebijakan negara dalam upaya menanggulangi terorisme dengan pendekatan komprehensif, yaitu menggabungkan antara pendekatan keras (hard approach) berupa penegakan hukum, dengan pendekatan lunak (soft approach) yang bertumpu pada upaya pencegahan dan deradikalisasi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Di ulang tahunnya yang ke-7 ini, mantan sestama di Lemhanas ini juga mengungkapkan rasa sukur karena BNPT dinilainya telah mampu menunjukkan prestasi yang baik, meski ia tidak menutupi masih ada beberapa kekurangan.
“Puji syukur kami ucapkan karena selama tujun tahun ini BNPT telah menunjukkan prestasi kinerja yang baik, walaupun tentu saja ada berbagai kekurangan dan kritik yang selalu kami terima,” lanjutnya.

Raihan prestasi BNPT ini disebutnya ditunjukkan dengan semakin meningkatnya pengakuan yang diterima BNPT, baik dalam skala nasional maupun internasional. Badan nasional ini juga semakin sering dijadikan percontohan penanggulangan terorisme oleh negara-negara lain.

Tentang ini, Komjen. Pol. Suhardi Alius menyebutnya sebagai hasil dari jalinan kerjasama yang baik yang telah dilakukan oleh BNPT dalam beberapa tahun ini dengan berbagai stakeholder dan seluruh komponen masyarakat.

Di akhir sambutan, kepala BNPT meminta mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama bersinergi untuk mewujudkan Indonesia Damai dalam bingkai kbhinekaan

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Ini Cara Nur Hidayat Wahid Kenalkan UUD NRI 1945

Jakarta – Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan, salah satu tuntutan Reformasi 1998 …