Mahfud Md: Terorisme Jadi Atensi Kerawanan Natal & Tahun Baru 2019

Mahfud Md: Terorisme Jadi Atensi Kerawanan Natal & Tahun Baru 2019

Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan, salah satu atensi kerawanan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 masih terkait ancaman terorisme. Hal itu disampaikannya saat Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Kepolisian ‘Lilin 2019’ di Auditorium STIK-PTIK Lemdiklat Polri, Jakarta Selatan.

“Beberapa hal yang jadi atensi kerawanan natal dan tahun baru di antaranya adalah ancaman terorisme, kelancaran arus mudik, serta gangguan kamtibnas. Itu berdasarkan tahun-tahun lalu,” ujar Mahfud, dikutip Liputan6.com, Jumat (13/12).

Menurut Mahfud, rapat dimaksudkan membahas peningkatan ancaman kerawanan menjelang natal dan tahun baru tersebut. Ini menjadi koordinasi guna mengetahui kesiapsiagaan dan sinergitas pejabat dan kementerian hingga lembaga untuk menanggulangi kerawanan.

“Kegiatan masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru berpengaruh pada peningkatan mobilitas masyarakat yang berpotensi kerawanan kamtibnas. Aksi-aksi ancaman teror, sweeping swasta oleh oknum tertentu, intoleransi antar umat beragama, hingga pembakaran rumah ibadah harus diantisipasi sedini mungkin,” jelas dia.

Mahfud mencontohkan peristiwa yang menimpa mantan Menko Polhukam Wiranto beberapa waktu lalu di Pandeglang, Banten. Termasuk juga ledakan bom di Polrestabes Medan, Sumatera Utara.

“Mari kita pastikan bahwa penyelanggaraan ibadah keagamaan penuh toleransi, aman, dan damai di seluruh Tanah Air agar tercipta sebagai cerminan kerukunan hidup beragama masyarakat Indonesia,” tandas Mahfud Md.