Home » Berita » LPOI siap bantu BNPT dalam Mencegah Penyebaran Paham Radikal Terorisme di Masyarakat

LPOI siap bantu BNPT dalam Mencegah Penyebaran Paham Radikal Terorisme di Masyarakat

Jakarta – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) siap bekerja sama dan membantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), baik dalam pencegahan paham radikal terorisme, maupun penguatan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum LPOI, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj, M.H pada acara Halal Bihalal dan Silaturahmi Kebangsaan yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Ormas-ormas Islam yang tergabung dalam wadah LPOI di kantor BNPT, Jakarta, Senin (15/6/2020).

“Insya Allah kami siap bekerja sama dengan BNPT untuk membantu mencegah penyebaran paham raikal terorimse dan memperkuat empat pilar agar nantinya bisa dihayati oleh masyarakat. Dan tentunya kami tidak dengan menggunakan metode doktrin layaknya seperti zaman Orde Baru, tetapi dengan metode lain sehingga Pancasila bisa benar-benar diterima dan dan dihayati dan diamalkan bersama,” ungkap Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj, M.H di acara tersebut.

Lebih lanjut Kiai Said Agil menjelaskan, Ormas Islam yang ada di Indonesia ini merupakan kekuatan civil society non politik yang sangat penting di masyarakat. Dimana ormas Islam ini tidak berkaitan dengan partai politik ataupun pemerintah. Namun demikian ormas Islam ini memiliki fungsi yang cukup besar dalam merekatkan persatuan di masyarakat.

“Ormas-ormas ini adalah kekuatan civil society non politik. Karena negara besar seperti negara kuat apapun, pasti juga sangat membutuhkan kekuatan civil society. Jadi tidak hanya kekuatan partai politik atau kekuatan pemerintah saja. Tetapi ada juga kekuatan masyarakat non politik, non government sebagai perekat dan pemersatu masyarakat, yaitu Ormas salah satunya ormas Islam,” ungkap Kiai Said yag juga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) ini.

Oleh karena itu Kiai Said Aqil yang juga mewakili ormas PBNU ini sangat mengapresiasi kegiatan Halal Bihalal dan Silaturahmi Kebangsaan yang diselenggarakan BNPT tersebut bersama ormas-ormas Islam yang tergabung dalam wadah LPOI ini. Dan berharap silaturahmi ini bisa terus berkelanjutan.

“Tentu saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan bapak Komjen Boy Rafli Amar, yang telah mengadakan silaturahmi dengan LPOI yang terdiri dari 16 ormas Islam. Yang mana ormas-ormas Islam ini kebanyakan lahir sebelum NKRI atau bangsa ini lahir. Dan semuanya ini ormas yang nasionalis. Ini adalah silaturahmi yang pertama dan semoga bisa berkelanjutan,” ungkap Kiai Said Agil mengakhiri.

Ormas-ormas Islam yang hadir pada acara tersebut yakni Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Syura Al~ Irsyad, Al~Washliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah/PERTI, Syarikat Islam Indonesia (SII), Persatuan Umat Islam (PUI), Mathla’ul Anwar, Al-Ittihadiyah, Persatuan Islam (PERSIS), Himpunan Bina Mualaf Indonesia (HBMI), Ikatan Dai Indonesia (IKADI) dan PB Nahdatul Wathan yang mana masing-masing ormas ini dihadiri oleh Ketua Umum, Wakil ataupun Sekjennya.

Sedangkan pejabat BNPT yang turut hadir pula dalam acara tersebut yakni Deputi II bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Irjen Pol. Drs. Budiono Sandi, M.Hum; Deputi III bidang Kerjasama Internasional, Andika Chrisnayudanto, SIP, SH, MA; Pelaksana Tugas Sekretaris Utama (Plt. Sestama) BNPT, Bangbang Surono, Ak, MM; Direktur Pencegahan Brigjen Pol. Ir. Hamli, ME dan Direktur Perlindungan, Brigjen Pol. Drs. Herwan Chaidir.

About PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.