Beranda / Berita / Ke India, Menkopolhukam Mantapkan Kerjasama Keamanan

Ke India, Menkopolhukam Mantapkan Kerjasama Keamanan

New Delhi – Indonesia dan India terus memperkuat kerjasama bilateral kedua negara. Itu dibuktikan dengan kunjungan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto melakukan kunjungan kerja ke India. Wiranto bertemu dengan Penasihat Keamanan India, Shri Ajit Kumar Doval dalam acara The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1).

Pertemuan itu merupakan tindaklanjut dari sejumlah kesepakatan antara Indonesia dengan India untuk peningkatan kerjasama kedua negara.

“IISD-1 ini adalah tindaklanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke India pada tanggal 11 Desember lalu yang tertuang dalam India-Indonesia Joint Statement during the State Visit of President of Indonesia to India,” kata Wiranto dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (10/1/2018).

Menurut Wiranto, pertemuan itu juga merupakan tindaklanjut hasil pertemuan India-Indonesia Eminent Person’s Group di New Delhi pada bulan Desember 2016 yang tertuang dalam bentuk “Vision Statement 2025”. Diharapkan hasil pertemuan ini dapat mendukung berjalannya implementasi kerjasama ke dua negara di bidang hukum dan keamanan.

Wiranto mengatakan IISD-1 ini juga telah menjadi bagian dari upaya kedua negara untuk meningkatkan kerjasama bilateral Indonesia-Indonesia, terutama dalan penanganan masalah hukum dan keamanan, termasuk isu terorisme dan radikalisme di kawasan.

“Pertemuan ini berlangsung konstruktif dan menghasilkan langkah konkret yang akan ditindaklanjuti kedua oleh negara dalam bidang countering terrorism, keamanan maritim, dan cyber security. Serta kemungkinan adanya kerjasama pertukaran Ulama, cendekiawan dan pelajar Muslim diantara kedua negara,” ucap Wiranto.

Pertemuan ini akan menjadi agenda tetap kerjasama Indonesia – India dan pertemuan selanjutnya akan diadakan di Indonesia. Hadir dalam pertemuan tersebut Delegasi dari Indonesia yang terdiri dari wakil-wakil dari Kementerian dan Lembaga yang berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

Tentang MN

Baca Juga

Dua Terduga Teroris di Jambi Dibekuk Tim Densus 88 Antiteror

Bungo – Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror terus memburu para terduga jaringan teroris di berbagai …