Beranda / Berita / ISIS Klaim Tewaskan 362 Orang di Seluruh Dunia dalam 3 Hari

ISIS Klaim Tewaskan 362 Orang di Seluruh Dunia dalam 3 Hari

Baghouz – Kelompok radikal ISIS mengklaim telah membunuh ratusan orang di seluruh dunia dalam serangan “balas dendam”. Dikutip Daily Mail (15/4/2019), kelompok ekstremis itu mengaku sudah membunuh sekitar 362 orang dalam 92 serangan di seluruh dunia selama tiga hari.

Mereka mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri, ranjau darat, dan pembunuhan di setidaknya 80 kota. Termasuk ledakan di Kolomna, dekat Moskwa, Rusia.

Berdasarkan pemberitaan The Times, ISIS menyatakan bertanggung jawab atas 14 serangan di Irak, 10 di Suriah, serta di Somalia, Afghanistan, Libya, serta Mesir.

ISIS mengatakan mereka melakukan serangan pada 8-10 April itu sebagai balasan setelah mereka mengalami kekalahan di desa Baghouz yang menjadi benteng terakhir.

Namun, sejumlah analis menyatakan mereka tidak memercayai jika serangan yang terjadi luar Irak serta Suriah dilaksanakan oleh kelompok ekstremis tersebut. Ledakan di Kolomna, di mana satu orang dilaporkan terluka, tidak ditemukan adanya bukti serangan teroris. Otoritas meyakini ledakan itu karena kebocoran gas.

Meski begitu, serangan acak yang terjadi Libya, kawasan Sinai, hingga Suriah bisa jadi dilakukan ISIS. Antara lain serangan yang menewaskan dua anggota Kurdi.

Peristiwa itu muncul setelah juru bicara ISIS Abu Hassan al-Muhajir merespon klaim yang dibuat Amerika Serikat (AS) bahwa mereka sudah tersapu dari Suriah pada Maret. Dalam rekaman berdurasi 44 menit, Muhajir menyatakan klaim itu sesat. Diungkap juga adanya rencana serangan yang meniru teror Paris, Perancis, empat tahun lalu.

Pasukan Demokratik Suriah ( SDF) yang disokong AS mengklaim kemenangan pada 23 Maret setelah Baghouz yang terletak di tepi Sungai Eufrat dibebaskan dari ISIS.

Klaim yang dibuat SDF menjadi berakhirnya ISIS sejak pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, mendeklarasikan “kekhalifahan” di Mosul, Irak, pada 2014.

Tentang HP HP

Baca Juga

BNPT Perkuat Sinergi Antar Aparat Penegak Hukum dari Pusat hingga Daerah

Koordinasi Aparat Penegak Hukum Penting untuk Menguatkan Persamaan Persepsi dalam Penanganan Tindak Pidana Terorisme

Palangkaraya – Rapat Koordinasi dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) Antar Aparat Penegak Hukum yang …