Home » Berita » Hadang Terorisme, BNPT & GP Ansor Rangkul Santri
Alfa Isnaeni

Hadang Terorisme, BNPT & GP Ansor Rangkul Santri

Alfa IsnaeniINILAH.COM, Jombang – Upaya preventif terhadap aksi radikalisme berkedok Islam terus dilakukan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris), Densus 88 Anti Teror Polri. Dengan menggandeng GP Ansor Jatim, mereka melakukan sosialisasi bahaya radikalisme kepada ratusan santri di Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Kamis (2/5/2013).

Sosialisasi kepada santri ini dilakukan agar bahaya dan dampak negatif radikalisme bertopeng Islam bisa dihindari. Selain itu juga sebagai upaya deteksi dini terkait gerakan terorisme yang cukup meresahkan itu.

 “Sosialisasi bertujuan mencegah sejak dini pertumbuhan teroris di kalangan pesantren. Dengan begitu, para santri yang masih muda tidak mudah untuk dicuci otak oleh kelompok radikal,” kata salah satu petugas BNPT Kombes Pol Thoriq.

Sementara itu Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor Jatim Alfa Isnaeni mengatakan, paradigma teroris berkembang di pesantren harus dibuang jauh-jauh. Pesantren adalah tempat mencari ilmu, terutama ilmu agama. Bukan sebaliknya, pesantren sebagai lahan subur untuk menyemai bibit radikalisme.

“Bagi kami NKRI adalah harga mati. Sedangkan pesantren adalah tempat untuk menuntut ilmu agama dan digunakan untuk kemaslahatan umat. Paradigma pesantren sebagai akar teroris harus dibuang,” ujar Alfa.

Salah satu pengasuh Ponpes Bahrul Ulum, Solahul Am Notobuono atau Gus Aam, menyambut baik upaya yang dilakukan BNPT tersebut. Ia juga mengatakan bahwa selama ini pesantren Tambakberas masih konsisten mengembangkan pengetahuan agama. Dengan begitu, dari rahim Bahrul Ulum akan mampu melahirkan intelektual islam yang mumpuni. Setia kepada NKRI dan selalu berpegang pada nilai aswaja (ahlus sunah wal jamaah).

Selain diikuti santri, sosialisasi tersebut juga diikuti oleh puluhan anggota GP Ansor dan Banser dari seluruh cabang di Jawa Timur. Pada acara ini, BNPT juga membeberkan serangkaian aksi terorisme berkedok Islam yang beraksi di Indonesia.

“Acara ini sangat banyak manfaatnya kami kalangan pesantren,” ujar Gus Aam yang juga Ketua GP Ansor Jombang. [beritajatim]sumber: tribunnews

About Admin

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *