Gubernur Gorontalo Imbau Warga Tingkatkan Toleransi Jelang Nataru 2023

Gorontalo – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengimbau seluruh warga untuk meningkatkan toleransi menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Gorontalo sebagai daerah dengan filosofi adat bersendikan syarak dan syarak bersendikan Kitabullah harus bisa merefleksikan diri. Kita sebagai umat Islam yang mayoritas harus menjunjung itu, dan toleransi agar betul-betul terjaga,” katanya dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Kamis (22/12).

“Bapak Presiden melalui Mendagri meminta kita untuk bersama-sama menunjukkan kepada dunia bahwa tingkat toleransi di Indonesia sangat baik, sehingga bisa menjadi contoh dan acuan bagi sejumlah negara yang saat ini sedang berkonflik,” kata Hamka.

Warga Gorontalo, ia mengatakan, harus membantu memastikan umat Nasrani dapat melaksanakan kegiatan ibadah dan perayaan Natal tanpa gangguan.

Sementara itu, Kepala Polda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika mengatakan bahwa kepolisian melakukan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru bersama TNI, pemerintah daerah, dan organisasi keagamaan.

Dia juga menyampaikan bahwa warga Gorontalo yang mayoritas Muslim harus membantu menciptakan suasana yang kondusif agar warga Nasrani bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan tenang.

“Walaupun Muslim mayoritas di Gorontalo, tetapi yang mayoritas ini mampu memberikan suasana dingin dan bisa melindungi saudara-saudaranya yang non-Muslim untuk melaksanakan kegiatan ibadah Natal,” katanya.