Generasi Muda Harus Dididik Antiterorisme

Peneliti terorisme Sidney Jones menyarankan pemerintah mengambil langkah konkret terkait terorisme. Salah satunya dengan mendidik generasi muda agar tidak mudah terprovokasi teroris.

“Kalau kita lihat Ibunya Muhammad Syarif itu sangat sedih dia menangis. Kenapa ini tidak dibuat video kemudian diputar di sekolah-sekolah di tempat yang rawan terorisme. Jadi harus ada upaya konkret dalam hal ini,” ujar Sidney dalam diskusi ‘Modus Baru Teror Bom dan Stabilitas Daerah’ di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (20/4/2011).

Sidney juga mengimbau pemerintah mensosialisasikan kepada penerbit buku. Hal ini penting agar penerbit tidak asal menerbitkan buku yang berpengaruh buruk bagi perkembangan mental generasi muda.

“Jadi pemuda harus melawan isi daripada pesan dalam buku mengenai jihad, apalagi yang diajarkan adalah pemuda. Tapi kebebasan berekspresi harus,
saya nggak mau nggak ada kebebasan berekspresi. Hanya menurut saya harus tahu bagaimana impact terhadap buku-buku ini,” tutur Direktur International Crisis Group ini.

Selain itu, Sidney menyarankan pemerintah untuk memetakan lokasi rawan doktrinasi teroris. Sehingga pemerintah dapat bergerak cepat.

“Harus ada informasi yang kuat daerah mana yang membahayakan dan itu harus segera ditangani,” jelas Sidney.¬†(van/nwk)

sumber: detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *