Home » Berita » Dipengaruhi Ekstrimisme, Pasukan Khusus Jerman Dibubarkan

Dipengaruhi Ekstrimisme, Pasukan Khusus Jerman Dibubarkan

Berlin – Menteri pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer mengatakan dirinya telah memerintahkan pembubaran sebagian pasukan elite komando (KSK) yang terus dikecam atas pengaruh ekstremisme sayap kanan di jajarannya

Annegret mengatakan kepada sebuah surat kabar bahwa sebagian pasukan KSK bertindak sendiri, lepas dari rantai komando militer Jerman.

Pada Mei lalu, polisi Jerman menyita bahan peledak dan senjata di rumah seorang prajurit KSK. Kemudian pada Januari silam, intelijen militer mengatakan ada hampir 600 tersangka pendukung sayap kanan di angkatan darat tahun lalu.

Mereka juga mengatakan KSK (Pasukan Komando Khusus) merupakan masalah khusus, lantaran ada 20 anggotanya dicurigai sebagai ekstremis sayap kanan.

KSK telah “menjadi sebagian independen” dari rantai komando, dengan “budaya kepemimpinan yang beracun”, kata Kramp-Karrenbauer kepada surat kabar Sueddeutsche Zeitung.

Kramp-Karrenbauer telah membentuk kelompok kerja pada Mei lalu untuk memeriksa persoalan ini, dan tim tersebut mempresentasikan laporan temuannya pada Selasa (01/07).

Keberadaan KSK “tidak dapat dilanjutkan dengan bentuk saat ini” dan harus “diintegrasikan lebih baik ke Bundeswehr [angkatan bersenjata Jerman]”, kata laporan itu, seperti dikutip AFP.

Salah satu dari empat kompi dalam pasukan elite tersebut, yang wujud ekstremismenya disebut paling marak, akan dibubarkan dan tidak akan diganti, ujar menteri.

About HP HP