Home » Berita » BPIP Gelar Rakor Sinergitas Penanaman Nilai Pancasila Dalam Peraturan dan Kebijakan
BPIP Gelar Rakor Sinergitas Penanaman Nilai Pancasila Dalam Peraturan dan Kebijakan

BPIP Gelar Rakor Sinergitas Penanaman Nilai Pancasila Dalam Peraturan dan Kebijakan

Jakarta – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menghelat pertemuan koordinasi membangun sinergitas Kementerian/Lembaga di bawah Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ddi Ballroom Hotel Bidakara Jakarta, Senin (17/2/2020).

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan arahan presiden kepada peserta dari kementarian dan lembaga yang hadir tentang pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila dalam peraturan dan kebijakan yang mereka ambil.

“Harapannya melalui kegiatan hari ini dapat diperoleh implementasi nilai Pancasila dalam kebijakan di kementerian dan lembaga sesuai arahan dan instruksi bapak presiden,” ujar Yudian.

Selain itu, Yudian mengatakan arahan khusus presiden kepada BPIP adalah, bagaimana pentingnya menekankan perhatian terhadap kelompok milenial. Sebab, presiden menilai ada hubungan yang terputus dari kelompok senior dan dengan milenial.

“Jadi saya mengimbau pesan presiden agar kita bisa ke sana, mengarah ke milienial,” jelas Yudian.
Acara ini akan diisi dengan pemateri perwakilan kementerian dan lembaga, seperti dari Menko Polhukam, Menteri Luar Negeri, Jaksa Agung, Menteri Dalam Negeri dan Menkumham.

Menko Polhukam  akan berbicara terkait upaya stabilitas keamanan dalam nilai Pancasila, kemudian Menlu tentang optimalisasi kebijakan luar negeri dan perlindungan WNI dan Diaspora yang berbasis Pancasila.

Menkumham akan berbicara terkait pendekatan hukum nasional yang akan membahas omnibus law terkait nilai Pancasilanya, kemudian ada Mendagri terkait prioritas dan persiapan pilkada 2020 dan pengamalan Pancasilanya dan terakhir Jaksa Agung tetang membahas peran penegakan hukum dalam nilai Pancasila.

About Agus Gombol

Staf Jurnalis, Pusat Media Damai (PMD-BNPT)