BNPT Sukseskan Malam Anugrah Indonesia Damai 2017

Sleman – BNPT Video Festival telah mencapai puncak acara dengan digelarnya Malam Anugrah Indonesia Damai 2017. Acara ini diselenggarakan di Hotel Eastparc, Sleman, DIY, pada Jumat (8/12/2017) malam.

Di acara tersebut diumumkan para pemenang dari rangkaian lomba film pendek, puisi dan karya tulis jurnalistik yang digelar Subdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT yang bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang ada di 32 Provinsi se-Indonesia. Malam penganugerahan ini mengundang seluruh 10 nominasi pemenang dari lomba film pendek dan lomba karya jurnalistik.

Kepala BNPT, Drs. Suhardi Alius, M.H dalam sambutannya mengapresiasi semangat dan antusiasme seluruh peserta yang telah mengikuti proses lomba. Ia juga mengatakan bahwa kontribusi peserta menjadi masukan untuk menanggulangi terorisme dan radikalisme. Kearifan lokal menjadi yang utama di sini, karena akar masalah terorisme dan radikalisme di setiap daerah tidak sama dan yang mengetahui persis adalah masyarakat provinsi tersebut.

“Karena memerangi terorisme dan radikalisme tidak selalu menggunakan hard approach. Soft approach seperti ini tak kalah bermanfaat, dimana masyarakat dan pemuda dapat terlibat dan mengembangkan penanggulangan terorisme menggunakan seni,” ujar Kepala BNPT.

Mantan Kabareskrim Polri ini mengaku senang melihat animo para peserta tahun ini yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Merujuk pada tahun 2016 lalu dengan masuknya 96 karya video pendek, maka di tahun 2017 ini mengalami peningkatan mencapai 517 karya video pendek.

“Ini menunjukkan bahwa anak muda kita semakin semangat dalam berkarya secara positif. Acara ini sangat baik dalam merangkul seluruh stakeholder dengan menggunakan pendekatan seni dalam mengemas pesan damai untuk masyarakat. Kegiatan ini perlu dilanjutkan, karena dengan kompetisi kualitas karya akan meningkat dan pesan damai akan terus diterima masyarakat,” ujar alumni Akpol tahun 1985 ini mengakhiri.

Turut hadir pula para pejabat sete,pat diantaranya yaitu Kapolda DI Yogyakarta, Komandan Pangkalan TNI AL Yogyakarta, Kepala Kesbangpol wilayah DI Yogyakarta serta berbagai elemen masyarakat seperti budayawan dan sastrawan Yogya, tokoh pemuda-pemudi Yogya dan seluruh Ketua 32 FKPT se-Indonesia.

Sementara dari kalangan BNPT juga tampak hadir Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol. Ir. Hamli M.E., dan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat, Dr. Andi Intang Dulung, M.HI.

Pembacaan pemenang dilakukan oleh dewan juri lomba. Para pemenang lomba video pendek dan lomba karya tulis jurnalistik ini mendapatkan apresiasi berupa piala dan hadiah menarik dari panitia setelah karua mereka melewati proses seleksi ketat dari dewan juri yang profesional dan ahli di bidangnya.

Selain mengumumkan pemenang lomba film pendek, puisi dan karya jurnalistik, di Malam Anugrah ini, BNPT juga melakukan launching 2 buku berisi karya hasil lomba. Buku-buku tersebut berjudul “Akulah Damai” dan “Memelihara Kearifan Mencegah Radikalisme”.

Buku “Akulah Damai” berisi 292 puisi karya sastrawan dr 32 provinsi. Jumlah itu merupakan seleksi dari total 400-an puisi yg berhasil dihimpun bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan Dialog Pelibatan Komunitas Seni dan Sastra dalam Pencegahan Terorisme melalui FKPT di 32 Provinsi se-Indonesia sepanjang bulan Maret – November 2017.

Dan buku “Memelihara Kearifan Mencegah Radikalisme” merupakan kumpulan 32 naskah terbaik dari lomba karya tulis jurnalistik yang bersifat Indepth Report sebagai bentuk apresiasi atas keterlibatan media massa pers dan jurnalis dalam pencegahan terorisme.

Berikut daftar pemenang lomba Video Pendek BNPT:

Kategori Video Terbaik :
Juara 1 : Distorsi “SMAN 2 Madiun, Jawa Timur”
Juara 2 : Kibaran “SMAN 7 Banda Aceh”
Juara 3 : Hormat Bendera “SMKN 3 Ternate, Maluku Utara”

Kategori Video Cerita Terbaik :
Juara 1 : Bendera Getah Getih “SMAN 1 Pacitan, Jawa Timur”
Juara 2 : Pusaka Si Mbah “SMKN 1 Krismantoro, Jawa Tengah”
Juara 3 : Kebenaran Yang Terjadi “SMAN 1 Liwa, Lampung”

Kategori Youtube Viewer terbanyak :
Paku Merah Putih “MAN 2 Probolinggo, Jawa Timur”

Berikut daftar pemenang lomba Karya Tulis Jurnalistik:
Juara 1 : Judul Susahnya Mantan Teroris Kembali ke Masyarakat, oleh M. Amir Tedjo Sukmono (Rapper)
Juara 2 : Judul Agar Khilafah Behenti Berjaya, oleh Anang Zakaria, (www.beritagar.com_
Juara 3 : Judul Menyatukan Perbedaan Membangun Kerukunan, oleh Joko Suroso, (Magelang Ekspress)

Pemenang harapan 1 : Judul Pekik Merdeka Para Mantan Kombatan, oleh Sujatmiko, (www.beritatagar.com)
Pemenang harapan 2 : Judul Tapak Pelatihan Teorisme di Jalin, oleh Muhajir, (www.beritatagar.id)
Pemenang harapan 3 : Judul Senjata atau Mie Aceh di Tengah Persimpangan eks Teroris, oleh S. Yugo Hindarto, (CNN Indonesia)

Nominee Utama :
– Wujud Toleransi Beragam Jadikan Papua, oleh Indrayadi Thamrin, (Cendana News)
– Saling Membantu Hari Keagamaan, Tak Permasalahkan warga pindah agama, oleh Desi Wulandari, (Radar Sampit)
– Mau Asapon, Aboge atau Pemerintah, Semua tak masalah, (Suara Merdeka)
– Pesan Mengharukan dari Hasim, oleh Fransiskus Pati Herin, (Kompas)