Beranda / Berita / Kegiatan / Bersama Generasi Muda / BNPT Kumpulkan Duta Damai Dunia Maya Terbaik di Jakarta

BNPT Kumpulkan Duta Damai Dunia Maya Terbaik di Jakarta

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Pusat Media Damai (PMD) makin meningkatkan eksistensinya dalam pencegahan terorisme melalui dunia maya (internet). Hal itu ditandai dengan dikumpulkannya ratusan duta damai dunia maya terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengikuti pelatihan tingkat lanjut di Jakarta akhir November ini.

“Mereka adalah para duta damai terbaik 2017 dari enam wilayah pelatihan ditambah perwakilan duta damai paling aktif 2016,” ujar Ketua Pelaksana Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2017, Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Tahun 2017 ini, PMD BNPT telah enam kali menggelar Pelatihan Duta Damai Dunia Maya yaitu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Pelatihan itu merupakan lanjutan dari pelatihan serupa tahun 2016 yang digelar di empat daerah yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta.

Pelatihan duta damai dunia maya tingkat lanjut 2017 ini akan diikuti 152 orang yang terdiri perwakilan kelompok paling aktif 2017 masing-masing 8 orang. Ditambah 24 orang duta damai paling aktif tahun 2016.

Dalam pelatihan tingkat lanjut ini, mereka tidak lagi menjalani pelatihan dari segi teknis, tapi lebih banyak mendapatkan pendalaman tentang strategi dan trik menyebarkan perdamaian di dunia maya. Mereka kembali akan digembleng oleh mentor-mentor dari PMD BNPT serta mendapatkan wawasan kebangsaan dari para pejabat BNPT.

Seperti biasa, mereka juga akan mendapat wawasan kebangsaan serta hiburan dari ambassador duta damai dunia maya 2017, Kikan Namara. Hebohnya lagi, selain Kikan, juga akan hadir grup musik tersohor tanah air, Slank yang juga akan berbaur memberikan hiburan sekaligus motivasi kepada para duta damai dunia maya.

Setelah tiga hari menjalani pelatihan tingkat lanjut, pada hari terakhir mereka akan dibawa berkeliling melakukan refreshing sambil mengenal sejarah di Kota Tua. Selain itu, mereka akan melakukan tour ke Kantor BNPT di Sentul.

Tentang Agus Gombol

Staf Jurnalis, Pusat Media Damai (PMD-BNPT)

Baca Juga

Duta Damai Dunia Maya Harus Bisa Luruskan Sejarah Bangsa Indonesia

Jakarta – Duta Damai Dunia Maya bentukan Pusat Media Damai (PMD) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme …