Beranda / Berita / Kegiatan / Bersama Generasi Muda / Bintang “Ruma Maida” Berbagi Tips Membuat Film ke Pelajar Bangka Belitung
Aktor pemeran Maruyama dalam film Ruma Maida, Verdi Solaiman

Bintang “Ruma Maida” Berbagi Tips Membuat Film ke Pelajar Bangka Belitung

Pangkal Pinang – Aktor pemeran Maruyama dalam film Ruma Maida, Verdi Solaiman, hadir sebagai pemateri dalam workshop pembuatan video pendek sebagai rangkaian BNPT Video Festival 2017 di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Rabu (5/4/2017). Kepada pelajar peserta kegiatan, dia berbagi sejumlah tips dalam membuat skenario film.

“Tahap awal membuat skenario adalah menentukan tema besar, setelah itu diturunkan ke sub tema. Misalkan video yang akan dilombakan temanya Di Bawah Sang Merah Putih, sub temanya bisa tentang nasionalisme, upacara, atau bahkan penjahit dan pengerek bendera,” ungkap Verdi.

Verdi yang juga berperan di film aksi “The Raid” tersebut melanjutkan, tahap kedua dalam membuat skenario adalah pengkarakteran. Ini menjadi penting karena akan berpengaruh dalam penentuan aktor atau aktris yang memerankannya.

“Kenapa pengkarakteran penting? Karena ini berpengaruh bagaimana aktor atau aktris berperan. Bagaimana emosi yang dimunculkan serta bagaimana konflik muncul dan cara mengatasinya,” lanjut pria yang memerankan karakter Aciu dalam film musikal “Chrisye” tersebut.

Pria yang 10 tahun tinggal di luar negeri untuk menempuh pendidikan advertising tersebut mengatakan, penyusunan premis atau alur cetita menjadi tahapan ketiga dalam pembuatan skenario film. Di sini penulis dituntut membuat alur yang runut dan menarik, namun tetap logis. “Lihat cerita kaum Hobit yang membawa cincin untuk dihancurkan di film The Lord of The Ring. Alur ceritanya bagus sekali,” ujarnya.

Selain berbagi tips, di kegiatan tersebut Verdi juga membuka kesempatan kepada peserta untuk bertanya seputar pembuatan film. Di antaranya disampaikan oleh Hajar dari SMKN 2 Pangkal Pinang yang menanyakan cara membuat story line yang bagus.

“Melalui latihan story telling, bercerita kepada dan kemudian menunjuk orang lain untuk melanjutkan cerita,” jawab Verdi.

BNPT kembali menggelar lomba video pendek pada tahun 2017 ini. Berbeda dengan gelaran sebelumnya, kali ini calon peserta diberikan pelatihan pembuatan film atau video pendek yang melibatkan sejumlah nama artis dan sineas di Indonesia. Selain Verdi Solaiman, sebelumnya sudah ada Teuku Rifnu Wikana, Mathias Muchus, dan Jajang C. Noor. Dalam kegiatan selanjutnya sejumlah nama artis juga kembali dilibatkan, antara lain Tio Pakusadewo, Lukman Sardi, Prisia Nasution, dan Wulan Guritno.

Workshop pembuatan video pendek sebagai rangkaian BNPT Video Festival 2017 adalah salah satu metode dari kegiatan Pelibatan Pemuda dan Perempuan dalam Pencegahan Terorisme. Satu metode lainnya adalah Rembuk Nasional Perempuan Pelopor Perdamaian. [shk] 

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Guru Didorong Jadi Role Model Membangun Karakter Damai

Aceh Besar – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordionasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh, …