Bhabinkamtibmas Jatim Siap Tangkal Radikalisme Selama Pemilu 2019

Surabaya – Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan memberi arahan kepada Bhabinkamtibmas Polda se-Jawa Timur untuk menangkal radikalisme selama pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu), baik itu pileg maupun pilpres 2019.

Di hadapan Kapolres, Kasatbinmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Jatim sebanyak 6.100 personil, Luki juga berpesan agar seluruh jajaran mengedepankan upaya preventif sebagai langkah pendekatan kemitraan kepada masyarakat.

“Para Bhabinkamtimas harus memahami peran dan fungsinya serta berpedoman pada prinsip-prinsip Bhabinkamtibmas yang proaktif serta berorientasi pada problem solving.” ujarnya, seperti dikutip beritajatim.com, Senin (17/12/2018).

Baca juga : Jelang Natal & Tahun Baru 2019, Polrestabes Medan Waspadai Aksi Terorisme

Menurut Irjen Pol Luki Hermawan, Bhabinkamtibmas harus berperan aktif dalam bekerja sama dengan masyarakat maupun elemen lainnya.

Terutama tiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa (Kades). Dengan sinergi tersebut diharapkan keutuhan NKRI akan selalu terjaga. Terutama di situasi saat ini yang rawan akan isu radikalisme maupun pelaksanaan pemilu yang menjadi atensi.

“Melalui pengarahan ini, kami berharap peran serta Bhabinkamtibmas bisa menjadi ujung tombak menangkal isu radikalisme yang berpotensi memecah persatuan dan kesatuan,” yang dampaknya mengganggu kamtibmas,” paparnya.