Beranda / Asian Games 2018 / Asian Games Perkuat Citra Indonesia di Mata Internasional

Asian Games Perkuat Citra Indonesia di Mata Internasional

Penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang mendapat apresiasi dari masyarakat internasional yang ditandai dengan berbagai komentar atas setiap event yang menonjol selama penyelenggaraan baik di media sosial maupun di youtube. Video pembukaan Asian Games yang memuat atraksi Presiden RI, Joko Widodo saat menuju arena pembukaan Asian Games yang mengendarai motor untuk menghindari kemacetan dan penampilan Presiden saat memasuki arena pembukaan Asian Games ternyata mendapat komentar dan perhatian di negara-negara Timur Tengah yang sangat positif. Masyarakat Timur Tengah menshare video tersebut ke mana-mana.

Atraksi Jokowi itu menarik perhatian para pemirsa di Timur Tengah dan tidak pernah membayangkan seorang Presiden yang memimpin 260 juta jiwa penduduk dan negara terbesar yang mayoritas penduduknya adalah muslim melakukan atraksi seperti itu. Itu sesuatu yang luar biasa dan tidak pernah dilakukan oleh pemimpin-pemimpin negara di manapun.

Mereka menganggap bahwa keputusan Jokowi untuk mengendarai sepeda motor menuju arena pembukaan suatu bukti betapa pemimpin-pemimpin di Indonesia satu rasa dengan rakyatnya. Itu bukan keputusan yang sederhana karena seorang pemimpin negara tidak mungkin akan dibiarkan menggunakan kendaraan di tengah-tengah kemacetan tetapi itu terjadi di Indonesia yang dikenal negara yang paling banyak menggunakan kendaraan bermotor dalam menjalankan aktivitasnya.

Komentar lain yang menarik terhadap video yang diunduh di youtube itu menilai bahwa rakyat Indonesia dan pemimpinnya memang memiliki kedekatan yang sangat luar biasa dan apapun yang dirasakan oleh rakyatnya langsung mendapat perhatian dari pemerintah. Ini sesuatu yang sangat luar biasa yang tidak mungkin terjadi di beberapa negara di Timur Tengah.

Penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang yang meriah dan sukses menunjukkan bahwa rakyat dan pemerintah Indonesia memiliki visi yang sama dalam membangun negaranya. Bayangkan menurut salah satu komentar bahwa Indonesia baru saja dilanda sebuah bencana gempa bumi di Lombok yang meluluhlantahkan salah satu kota pariwisata terbesar di Indonesia setelah Bali. Akan tetapi mereka mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan peran serta semua elemen Indonesia untuk menanggulangi kerugian-kerugian yang diakibatkan bencana itu. Hanya beberapa minggu kemudian, mereka kembali menyelenggarakan Asian Games yang begitu besar.

Walaupun dari waktu ke waktu, Indonesia selalu mendapatkan berbagai musibah, namun rakyat dan pemerintahnya selalu solid dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Indonesia selalu berhasil menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi dan ini menunjukkan bahwa negara yang mayoritas penduduk muslim itu telah berhasil menunjukkan kredibilitasnya sebagai bangsa besar dan ini menjadi kebanggaan bagi semua negara muslim di dunia ini.

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Uighur, Isu HAM dan Akses Informasi

(Tulisan Kedua) Re-edukasi Minus Program Aqidah Deradikalisasi sebagai sebuah program pencegahan dan reduksional radikalisme sejatinya …