Beranda / Asian Games 2018 / Asian Games 2018: Sukses Tumbuhkan Rasa Cinta terhadap Indonesia

Asian Games 2018: Sukses Tumbuhkan Rasa Cinta terhadap Indonesia

Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Ahmad Fahd Al Sabah dalam sambutannya tadi malam pada acara penutupan Asian Games beberapa kali mengungkapkan rasa cinta dan kagum terhadap Indonesia. Uniknya ia mengungkapkan rasa kagum itu dalam bahasa Indonesia sambil menempatkan kedua ibu jarinya di atas kepalanya.

Orang Arab dalam menyampaikan perasaannya biasanya bukan saja diungkapkan lewat lisan, tetapi juga isyarat seperti yang dilakukan oleh Al Sabah saat menempatkan  kedua ibu jarinya di atas kepalanya. Isyarat seperti ini berarti ia begitu puas dan senang dan dan menempatkan kita di atas kepalanya. Artinya ia menjunjung tinggi apa yang telah kita berikan kepadanya.

Ia sangat puas dan bangga atas prestasi yang telah dicapai Indonesia. Dalam benaknya mungkin  ia tidak menyangka bahwa Indonesia yang berada di ujung dunia meminjam istilah orang Arab dan sering dilanda gempa mampu melayani puluhan ribu tamu dari berbagai negara dan menyediakan sarana dan prasarana yang cukup lengkap sebagaimana yang ia saksikan selama ini.

Keberhasilan dan kesuksesan itu membuat ia harus mengakui dan angkat jempol bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia memiliki kredibilitas dan profesionalisme yang tinggi bukan saja melihat dari pengaturan penyelenggaraan olahraga, tetapi pelayanan di jalan-jalan di Jakarta dan Palembang. Karena itu, ia hanya bisa mengatakan melalui ungkapan-ungkapan singkat yang penuh arti “ terima kasih”, hebat kalian “ dan “saya  cinta kalian”.  Ungkapan-ungkapan yang tulus dan murni itu muncul dari lubuk hatinya akibat apa yang dirasakan dan disaksikan selama berada di Indonesia.

Kecintaan itu semakin kuat ketika menyaksikan Presiden Joko Widodo bersama para korban bencana gempa di Lombok menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Pemandangan ini mungkin tidak akan disaksikan di negara lain atau di kawasan Timur Tengah sehingga ia semakin yakin bahwa Indonesia ternyata menyimpan sebuah keindahan yang tiada taranya atau the hidden beauty yang hanya bisa dipahami oleh setiap orang yang telah merasakan dan menyaksikan berbagai budaya dan adat istiadat seperti halnya Al Sabah.

Indonesia telah memberikan yang terbaik bagi semua tamunya dan pemberian itu telah mendapat apresiasi dari semua pihak. Kita sepatutnya bangga atas apa yangtelah diberikan oleh saudara-saudara kita mulai dari penyelenggara, para atlet dan relawan. Semuanya telah memberikan yang terbaik bagi bangsa ini. Mereka adalah pahlawan yang patut kita banggakan karena telah berjuang dengan sepenuh hati demi bangsa dan negaranya

 

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Sukses Asian Games, Bukti Indonesia Negara Besar & Kuat

Jakarta – Asian Games 2018 telah usai dengan ditutup dalam suatu acara penutupan yang megah …