Beranda / Asian Games 2018 / Asian Games 2018: Sukses Bersejarah!

Asian Games 2018: Sukses Bersejarah!

Indonesia sukses menjadi tuan rumah dalam penyelenggaran Asian Games 2018. Apresiasi dan pujian datang tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Kesuksesan ini semakin lengkap dengan prestasi Indonesia yang bersejarah dalam perolehan medali dan prestasi. Tentu saja ini kebanggan tersendiri bagi bangsa Indonesia, karena ini menjadi catatan sejarah.

Berbagai media di luar negeri memberikan pujian terhadap penyelenggaraan Asian Games yang tidak hanya meriah, tetapi penuh dengan nuansa yang sarat makna. Apa yang disajikan oleh Indonesia merupakan sajian kelas dunia yang elegan. Dunia berdecak kagum dengan Indonesia dan kita sebagai bangsa merasa bangga.

Banyak yang mengatakan kesuksesan Indonesia sebagai tersukses dalam penyelenggaran Asian Games. Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah bahkan mengatakan sebagai sukses bersejarah. “Anda berhasil menyelenggarakannya. Anda membuat mimpi Asia, energi Asia menjadi kenyataan” ungkapnya dengan penuh suka cita.

Indonesia menunjukkan kelasnya sebagai negara yang mampu menggelar hajat inetrnasional. Asian Games merupakan olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade dan Indonesia mampu menyelenggarakan dengan baik. Tentu saja ini menjadi awal yang baik bagi bangsa ini untuk menyuguhkan kesuksesan yang sama di masa yang akan datang.

Animo masyarakat tidak hanya dibaca sebagai kecintaan terhadap olahraga, tetapi menunjukkan kebangaan terhadap bangsa. Asian Games sukses sekali lagi dalam menggenjot nasionalisme dan semangat kebangsaan. Inilah harapan Presiden RI Joko Widodo agar terus merawat energi positif ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sukses bersejarah sebagai ungkapan yang sangat tepat. Indonesia mampu memberikan yang terbaik dalam pesta olahraga terbesar di Asia ini. Indonesia mampu mewujudkan energi Asia yang penuh dengan keragaman, solidaritas dan toleransi. Bagi bangsa ini sukses bersejarah karena tidak hanya pada poin perolehan medali dan peringkat tetapi mampu menyatukan seluruh elemen masyarakat dan mampu membangkitkan semangat kebangsaan.

Beberapa pengamat menyoroti antuasiasme masyarakat hingga para relawan muda-mudi tanpa lelah memberikan tenaga untuk menyukseskan acara ini. Bagi mereka itu sebagai pemandangan yang luar biasa. Bagi Indonesia itulah cermin persaudaraan dan persatuan yang dipertontonkan kepada dunia.

“Para sukarelawan Indonesia … yang berjumlah lebih dari 30.000 orang, adalah yang terbaik yang pernah ada dan telah memainkan peranan besar dalam menyukseskan the (Asian) Games,”. Begitulah ungkapan Nazvi Careem, jurnalis surat kabar ternama Hong Kong South China Morning Post (SCMP).

Itulah energi masyarakat Asia. Karena itulah, penting sekali untuk selalu merawat energi positif ini di tengah kehidupan berbangsa. Bukti bahwa Indonesia mampu bersatu dalam keragaman. Inilah energi Asia yang sesungguhnya yang telah dipertontonkan oleh masyarakat Indonesia kepada masyarakat Asia dan dunia pada umumnya.

 

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Pembelokan Makna Agama Menyebabkan Terorisme

Kedangkalan Agama, Mempersempit Makna Kehidupan  Dalam sebuah dialog santai selama hampir satu jam dengan seorang …