Angka Kriminalitas Tinggi, Filipina Kerahkan Satuan Anti Terorisme di SEA Games 2019

Manila – Demi mengamankan para atlet dan gelaran SEA Games 2019, Solcom (angkatan bersenjata Filipina yang memerangi terorisme dan pemberontakan) mengerahkan lebih dari 1.000 anggotanya.

Mengutip dari laman Inquirer, komandan Solcom, Letjen Gilbert Gapay, mengkonfirmasi paling tidak anggotanya yang terdiri dari angkatan bersenjata darat, laut, dan udara akan dikerahkan untuk mengamankan para atlet di SEA Games ke-30 ini.

“Rencana untuk keadaan darurat telah disimulasikan dan dikoordinasikan oleh berbagai lembaga dan siap beroperasi penuh. Kami tak akan meninggalkan sedikit pun celah dalam hal persiapan keamanan,” ujar Gilbert Gapay.

Gilbert Gapay pun menjamin bahwa keamanan para atlet yang berlaga di SEA Games 2019 Filipina akan terjamin. Ia percaya diri bahwa ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut akan berjalan dengan baik dan lancar di bawah kendalinya.

Filipina sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi. Selain faktor bobroknya fasilitas, keamanan menjadi salah satu perbincangan mengingat tingginya akan kriminalitas di negara tersebut.

Bahkan di awal tahun ini, terdapat wacana bahwa Filipina ingin menurunkan usia minimal kriminal menjadi sembilan tahun. Hal ini dilakukan oleh parlemen dan presiden Rodrigo Duterte untuk menekan angka kriminalitas yang tinggi.