Anak Gaul Riau Gabung di www.damai.id

Ratusan peserta yang masih penuh semangat seolah tidak dihinggapi rasa lelah sedikitpun, hal ini tampak dari antusiasme tingggi para peserta workshop meski kegiatan telah berlangsung lebih dari 5 jam. Kemasan kegiatan dan ragam sesi yang diberikan dalam workshop ini sangat menarik perhatian para peserta hingga lelah pun seolah sudah tidak dirasa.

Selepas istirahat untuk makan siang dan sholat bagi muslim, kegiatan dilanjutkan kembali. Sesi pertama diisi oleh Habibi Rizqi yang dengan penuh semangat memompa rasa nasionalisme para peserta. Ia memulai sesi dengan menggambarkan bahwa bangsa kita ibarat uang yang tetap memiliki nilai jual meski kadang tampak terlalu usang. Orang tidak akan peduli bentuk uang, karena yang penting adalah nilai uang tersebut.

Dus, meskipun uang tampak lecek karena diinjak-injak, namun nilainya tetaplah sama. Demikian pula dengan negeri ini, meski negeri ini pernah mengalami masa suram, diinjak-injak oleh bangsa lain, namun nilai negeri ini tetaplah sama.

Sesi kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang usaha BNPT dalam membanjiri dunia maya dengan berita damai yang disampaikan oleh perwakilan dari Pusat Media Damai, Khoirul Anam. Dalam paparannya ia menjelaskan bahwa dunia maya kita memang sudah disesaki dengan banyaknya konten-konten negatif, termasuk konten yang mengajari kita untuk membenci dan memusuhi.

Namun kita sebenarnya dapat melawan konten-konten tersebut dengan membanjiri dunia maya dengan konten-konten yang positif. Ia juga menunjukkan beberapa contoh tentang berita-berita hoax yang menebar fitnah dan keresahan pada masyarakat.

Diakhir sesinya, ia mendorong peserta untuk mengirim berbagai jenis karya baik dalam bentuk tulisan, gambar, video, ataupun bentuk lain ke redaksi Pusat Media Damai di alamat email redaksi@bnpt.go.id

Kini, para peserta diajak untuk bersama-sama memenuhi dunia maya dengan konten positif dengan bergabung langsung di portal damai yang merupakan website komunitas damai. Sesi ini dipandu oleh tim IT BNPT, Deddy Ratnanto. Para peserta lalu tanpa membuang waktu lagi melakukan aktifasi di www.damai.id