Penyakit Mematikan Mengintai Anggota ISIS

RAQQA – Para anggota kelompok militan ISIS yang menguasai Kota Raqqa, Suriah, terancam terjangkit penyakit mematikan yang disebabkan oleh suatu virus. Virus itu dapat menggerogoti kulit dan daging penderitanya.

Seperti dikutip Mirror, Senin (6/4/2015), penyakit mematikan itu dikenal dengan nama Leishmaniasis. Penyakit itu menyebar dengan cepat berkat kondisi udara dengan banyaknya polusi dan tingkat kebersihan yang buruk. Penyakit itu biasanya muncul saat sebuah luka tidak ditangani dengan cepat.

Para dokter dari organisasi non-profit Medecins Sans Frontieres yang beroperasi di Kota Raqqa mengatakan, para pejuang ISIS di sana beresiko tinggi terjangkit penyakit mematikan tersebut.

“Saya telah memperingatkan beberapa dari mereka agar secepatnya menangani luka yang terbuka itu, karena saya sadar di kondisi udara seperti ini penyakit Leishmaniasis mudah menyebar,” ujar salah seorang dokter dari Medecins Sans Frontieres.

“Saya telah memperingatkan, namun mereka (pejuang ISIS) menolak perawatan medis yang kami tawarkan. Saya yakin wabah ini akan menyebar cepat di Raqqa,” lanjutnya.

Dia menambahkan, penyakit Leishmaniasis disebabkan oleh virus dan parasit yang menyebar cepat pada beberapa negara yang rakyatnya menderita kemiskinan, kekurangan gizi, dan deforestasi.

Sebelumnya, seorang presenter TV, Ben Fogle (41), pernah terjangkit penyakit Leishmaniasis pada 2008 ketika sedang melaksanan proses syuting film di Peru.

(hmr)

Sumber : Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *