Polda Sulteng Bersama Kemenag Sigi Bersinergi Dalam Upaya Pencegahan Paham Radikal

Sigi – Satuan Tugas (Satgas) Operasi Madago Raya Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sigi memperkuat sinergi dalam upaya pencegahan masuknya paham radikalisme dan intoleransi di wilayah ini.

“Kunjungan silaturahmi merupakan salah satu langkah strategis Polri dalam membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk Kemenag, untuk menangkal masuknya paham radikalisme dan intoleransi,” kata Kasub Satgas Humas Operasi Madago Raya AKP Basirun Laele dalam keterangannya diterima di Palu, Senin (14/10). 

Basirun menyampaikan Satgas Operasi Madago Raya terus berupaya menjalin komunikasi yang erat dengan Kemenag dan para tokoh masyarakat di Kabupaten Sigi, dengan bahu-membahu dalam menangkal masuknya paham radikalisme dan intoleransi di wilayah ini.

Dalam kesempatan tersebut personel Satgas II Preemtif menjelaskan Operasi Madago Raya adalah kegiatan kewilayahan Polda Sulawesi Tengah yang menyasar empat wilayah di provinsi, termasuk Kabupaten Sigi.

Basirun menjelaskan paham radikalisme dan intoleransi dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga sinergi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat sangat penting untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan serta kerukunan warga, khususnya di wilayah Sigi.

“Oleh karena itu kami meminta dukungan dari Kemenag dalam program-program Satgas II Preemtif dalam menangkal paham radikalisme, seperti kegiatan peningkatan kemampuan bagi imam masjid, pegawai syara’, pendeta, dan rohaniawan Kristen, serta calon dai dan daiyah,” ujarnya.

Menurut dia, kolaborasi bersama Kemenag Sigi juga sebagai salah satu upaya untuk memperkuat peran remaja masjid dalam menjaga generasi muda dari pengaruh paham-paham yang menyesatkan.

Selain itu, kata dia, penguatan moderasi beragama dan implementasi nilai-nilai Islam juga menjadi fokus dalam diskusi tersebut.

“Menjelang Pilkada 2024, juga perlunya kolaborasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas, menghindari praktik black campaign, money politics, serta isu primordialisme,” ujarnya.

Ia meyakini kerja sama yang solid antara Polri dan seluruh elemen masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman, damai, sejuk, dan kondusif di Sulawesi Tengah.

Kepala Kantor Kemenag Sigi Lutfi Yunus menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan silaturahmi tersebut. Ia menyatakan kesiapan untuk mendukung penuh upaya Polri dalam menangkal paham radikal dan intoleran.


“Kami mengapresiasi kegiatan sambang dan silaturahmi ini serta mendukung penuh upaya Polri dalam hal ini Satgas Madago Raya untuk menangkal paham radikal dan intoleran di wilayah operasi, khususnya di Kabupaten Sigi,” katanya.