Lewat Ikrar Kebangsaan, Masyarakat Kabupaten Nduga Tegaskan Kecintaan Terhadap NKRI

Nduga – Lebih dari 500 warga Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan mengikuti ikrar kecintaan terhadap NKRI. Dalam ikrar tersebut, masyarakat juga berjanji untuk mendukung TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Ikrar tersebut disampaikan masyarakat pada acara bakti sosial memperingati HUT TNI ke-79  yang diselenggarakan Satgas Pamtas Mobile RI-PNG Yonif 503/Mayangkara, Koops Habema. Acara yang dipimpin Komandan Satgas, Letkol Inf Gurbasa Samosir, berlangsung di Balai Kesehatan Puskesmas Batas Batu, Distril Kenyam, Kabupaten Nduga.

Ikrar kebangsaan tersebut mengangkat tema “Bersatu untuk Indonesia”.  Tujuannya adalah untuk memperkuat rasa nasionalisme dan persatuan di tengah keberagaman yang ada di Papua.

Acara itu juga dihadiri personil TNI Polri Anggota Satgas Elang,  Satgas Damai Cartenz dan Satuan Kewilayahan. Hadir pula Kepala Suku Batas Batu Daniel Minje, tiga Kepala Kampung Batas Batu serta sekitar 500 orang masyarakat setempat.

Acara dimulai dengan pembacaan ikrar yang dipimpin oleh Kepala Kampung Batas Batu, Daniel Minje yang diikuti oleh ratusan peserta. Dalam ikrar tersebut, masyarakat berjanji untuk mendukung TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta berkomitmen untuk bersama-sama membangun Papua menuju masa depan yang lebih baik.

“Hari ini, kita bukan hanya merayakan HUT TNI, tetapi juga merayakan komitmen kita untuk bersatu dalam kebangsaan. Mari kita terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Kepala Suku Batas Batu, Daniel Minje dalam keterangan tertulis Satgas Pamtas RI-PNG, belum lama ini.

Komandan Yonif 503, Lerkol Gurbasa saat memberikan pate sembako kepada masyarakat Nduga. Foto;yonif503

Sementara itu Komandan Satgas, Letkol Inf Gurbasa Samosir, tak bisa menutupi rasa bangganya atas partidipasi masyarakat pada ikrar tersebut. Menurutnya ikrar kebangsaan yang diucapkan dapat memperkuat sinergi antara TNI Polri dan masyarakat, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang mendalam.

“Ikrar ini menunjukkan bahwa TNI-Polri dan masyarakat Papua memiliki satu tujuan yang sama. Yaitu menciptakan keamanan, ketentraman, dan kesejahteraan bagi seluruh warga,” tutup Gurbasa.