MPR Perlu Terobosan Baru Untuk Sosialisasikan Empat Pilar

Labuan Bajo – Kepala Biro Humas Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Siti Fauziah mengatakan, perlu terobosan baru dalam mensosialisasikan dan mengembangkan ‘Empat Pilar Kebangsaan’ agar bisa dipahami seluruh elemen masyarakat. MPR RI terus membuka diri dan melakukan evaluasi pola-pola komunikasi yang dilakukan kepada masyarakat dalam memaksimalkan program empat pilar itu.

Dikatakan, MPR RI berupaya mensinergikan kegiatan-kegiatan lembaga tinggi negara tersebut dengan pemberitaan di masyarakat. Sosialisasi empat pilar yang dilakukan MPR membutuhkan peran serta media agar lebih efektif. Salah satunya adalah menggelar ‘Media Ekspert Meeting’ untuk meminta masukan media dalam mencari cara yang lebih efektif yang berakhir Senin (4/12/2017) di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

“Dengan masukan yang ada maka metode sosialisasi empat pilar kebangsaan ini akan terus dikembangkan. Saya berharap berbagai masukan dari media dapat lebih mengefektifkan sosialisasi Empat Pilar MPR yang terus dilakukan secara gencar, terutama menghadapi tahun politik 2018 mendatang,” kata Siti Fauziah melalui rilis yang diterima ‘Damailahindonesiaku.com’.

Menurutnya, sosialisasi yang efektif dibutuhkan untuk meredam berbagai friksi terutama dalam situasi politik yang menghangat jelang pilkada dan pilpres. Dengan Empat Pilar, MPR berharap tahun politik seperti Pilkada setentak 2018 hingga Pilpres 2019, peserta politik tidak menghadirkan politik negatif apalagi memecah belah.

“Dengan pemahaman empat pilar yang bagus, diharapkan penempatan persatuan bangsa tetap diatas kepentingan politik. Dari berbagai masukan yang ada, bisa memaksimalkan media sosial menjadi salah satu usulan yang dominan mengingat sasaran sosialisasi Empat Pilar lebih banya menyasar generasi milenial yang akrab dengan berbagai media sosial,” jelasnya.

Pada ‘Media Ekspert Meeting’ yang berlangsung sejak Sabtu (2/12/20167), Siti Fauziah juga menjelaskan bahwa MPR membutuhkan komunikasi untuk sosialisasi Empat Pilar. Tujuannya agar sosialisasi Empat Pilar terjaga dan tepat sasaran.

Secara terpisah, Kepala Bagian Pemberitaan, Layanan Informasi dan Hubungan Antar Lembaga MPR RI, Muhammad Jaya, berharap ‘Media Ekspert Meeting’ membuat media bisa berbagi pemikiran dengan MPR. “Sosialisasi harus berjalan efektif, terutama menghadapi tahun politik pada 2018. Sharing itu dimaksudkan untuk masukan dari media untuk pemberitaan MPR, apalagi menghadapi tahun 2018 dan 2019 sebagai tahun politik,” pungkasnya.