Semangati Pelajar dalam Pencegahan Terorisme, BNPT Ingatkan Pesan Bung Karno

Kendari – Kepala Sub Direktorat Kewaspadaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M.H.I., menukil pesan yang disampaikan presiden RI pertama, Soekarno, untuk memberikan semangat kepada pelajar untuk keterlibatannya dalam pencegahan terorisme.

Hal itu disampaikan Andi Intang saat menyampaikan pidato kunci di pembukaan kegiatan workshop BNPT Video Festival “Di Bawah Sang Merah Putih” di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (26/4/2017). Pesan Bung Karno itu adalah “Jangan tanyakan apa yang diberikan Negara kepadamu, tapi tanyakan apa yang bisa kau berikan kepada Negara’.

“Siap anak-anakku semua?” tanya Andi Intang disambut teriakan siap dengan lantang oleh peserta.

Andi Intang menambahkan, perkembangan terorisme saat ini telah menjadikan pemuda dan perempuan sebagai sasaran perekturan untuk menjadi pelaku. Untuk mencegahnya dibutuhkan sinergi yang kuat di antara semua elemen masyarakat. “Termasuk pelajar harus terlibat aktif dalam pencegahan,” tekannya.

Kegiatan workshop BNPT Video Festival, masih kata Andi Intang, dirancang sebagai respon atas kegiatan serupa yang sudah dilaksanakan tahun 2016 lalu. Bedanya, jika sebelumnya peserta diikutkan dalam festival video pendek tanpa adanya pembekalan, tahun ini ilmu terkait pembuatan video terlebih dahulu disampaikan.

“Ada banyak narasumber yang kami libatkan, termasuk kalangan artis dan sineas film di Indonesia. Harapan kami kualitas video yang dibuat anak-anak bisa semakin bagus, sehingga target pencegahan terorisme bisa dicapai dengan tepat,” jelas Andi Intang.

Kegiatan workshop BNPT Video Festival dilaksanakan oleh BNPT dengan menggandeng Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT). Kegiatan ini sudah dan akan diselenggarakan di 32 provinsi se-Indonesia. [shk]