FKPT Jambi: Local Wisdom Berperan Besar dalam Pencegahan Terorisme di Daerah

Jambi – Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jambi, Lukman Djafrie, menegaskan pentingnya local wisdom (kearifan lokal) dalam upaya pencegahan terorisme. Media massa didorong untuk memberikan dukungan penguatan.

“Jambi secara geografis terbagi menjadi daerah yang heterogen dan homogen,semua memiliki kearifan masing-masing. Kearifan lokal, local wisdom itulah yang memiliki peran besar untuk bisa mencegan terorisme,” kata Lukman dalam sambutannya di pembukaan Diseminasi Pedoman Peliputan Terorisme dan Peningkatan Profesionalisme Media Massa Pers dalam Meliput Isu-isu Terorisme di Kota Jambi, Kamis (13/10/2016).

Lukmam juga mengatakan, local wisdom lain di Jambi adalah masyarakatnya yang dikenal sangat humanis, namun bisa dengan cepat berfikir untuk menyikapi sebuah situasi genting. “Yang seperti ini harus terus dipupuk,” tambahnya.

Media massa, masih kata Lukman, memiliki peran untuk local wisdom bisa terus tumbuh dan menjadi sarana pencegahan terorisme.

“Beritakan bagaimana sebuah local wisdom bisa menjadikan masyarakat hidup rukun, agar pelajaran itu bisa secara luas dipahami masyarakat lainnya. Di sini tugas media massa,” tegas Lukman.

Diseminasi Pedoman Peliputan Terorisme dan Peningkatan Profesionalisme Media Massa Pers dalam Meliput Isu-isu Terorisme adalah salah satu metode dari kegiatan Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme. Satu metode lainnya adalah Visit Media, kunjungan dan diskusi ke redaksi media massa pers.