Home » Berita » 7 Teroris ISIS Kabur dari Penjara di Suriah, 4 Berhasil Ditangkap Kembali
7 Teroris ISIS Kabur dari Penjara di Suriah, 4 Berhasil Ditangkap Kembali

7 Teroris ISIS Kabur dari Penjara di Suriah, 4 Berhasil Ditangkap Kembali

Damaskus – Tujuh teroris Islamic State (ISIS) kabur dari sebuah penjara kecil di Suriah bagian timur laut. Empat di antaranya berhasil ditangkap kembali dan tiga lainnya masih dalam pengejaran.

Seperti dilansir Associated Press, Senin, (18/5), informasi itu disampaikan media nasional Suriah, SANA News Agency dan seorang juru bicara Pasukan Demokratik Suriah (SDF), Mervan Qamishlo.

Para teroris itu kabur dari sebuah penjara di pinggiran kota Al-Hol, pada Minggu (17/5). Kota Al-Hol juga menjadi lokasi kamp-kamp yang menampung puluhan ribu istri, janda dan anak militan ISIS. Penjara itu diketahui terpisah dengan kamp yang menampung para istri dan anak militan ISIS.

Otoritas Kurdi yang menguasai wilayah itu, diketahui mengelola puluhan fasilitas penahanan yang tersebar di wilayah Suriah bagian timur laut. Sekitar 10 ribu teroris ISIS ditahan di fasilitas-fasilitas itu, dengan 2 ribu di antaranya merupakan teroris asing yang negaranya menolak untuk memulangkan mereka.

Qamishlo menyatakan bahwa SDF berhasil menangkap kembali empat teroris ISIS yang kabur. Operasi pencarian dan pengejaran terhadap tiga teroris lainnya masih berlangsung. Tidak disebut lebih lanjut asal kewarganegaraan para teroris yang kabur.

Awal bulan ini, sejumlah teroris ISIS yang dipenjara memicu kerusuhan dan mengambil alih kendali sebuah penjara di Hassakeh, Suriah selama beberapa jam. Otoritas Kurdi berhasil mengakhiri kerusuhan itu setelah melakukan negosiasi.

Pada akhir Maret lalu, kerusuhan terjadi di penjara yang sama di Hassakeh selama dua hari. Empat teroris ISIS berhasil kabur dari penjara itu, namun mereka berhasil ditangkap kembali sehari setelahnya.

Teroris ISIS meningkatkan serangan di wilayah Suriah dan Irak dalam beberapa pekan terakhir, saat kedua negara sibuk memerangi pandemi virus Corona.

About BEM