Beranda / Berita / Kegiatan / Bersama Generasi Muda / 40 Duta Damai Makassar Perkuat Konten Pencegahan Radikalisme & Terorisme di Dunia Maya
40 Duta Damai Makassar Perkuat Konten Pencegahan Radikalisme & Terorisme di Dunia Maya

40 Duta Damai Makassar Perkuat Konten Pencegahan Radikalisme & Terorisme di Dunia Maya

Makassar – Workshop pemberdayaan Duta Damai Dunia Maya Makassar, 8-9 Agustus 2018 di Hotel Claro Makassar, berhasil meluncurkan program tindaklanjut dalam rangka memperkuat konten perdamaian dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di jagat maya. Workshop yang diikuti oleh 40 peserta baru tersebut telah menyusun program penguatan 5 (lima) website yang telah dibangun sebelumnya yaitu www.kareba.dutadamai.id, www.mariki.dutadamai.id, www.celebes.dutadamai.id, www.lontara.dutadamai.id dan www.anu.dutadamai.id

Duta Damai Makassar hasil workshop ini telah menunjukkan kesiapan mereka untuk melanjutkan dan menjalankan tugas sebagai relawan dalam misi perdamaian dan pencegahan radikalisme dan terorisme. Merea juga siap melanjutkan tugas Duta Damai Makassar sebelumnya yang dalam beberapa bulan terakhir tidak aktif lagi sehingga dibutuhkan penambahan personel yang mampu melanjutkan misi dan tugas memperbanyak konten damai dan positif di dunia maya.

Kasi Literasi yang mewakili Kasubdit Kontra Propaganda BNPT Ery Suprayitno menekankan bahwa pengukuhan duta damai Makassar ini akan membuat penyebaran konten-konten perdamaian serta pencegahan radikalisme dan terorisme di dunia maya semakin efektif dan massif. Apalagi tantangan sekarang ini semakin berat sehingga membutuhkan banyak personil yang akan aktif dalam meramaikan jagat maya sebagai mitra Pusat Media Damai (PMD) BNPT. Pada kesempatan tersebut lima kelompok yang mewakili masing-masing timnya telah menyampaikan rencana kegiatan yang akan dikerjakan ke depan dalam rangka menebar perdamaian juga mencegah penyebaran radikalisme dan terorisme di dunia maya.

Pemberdayaan Duta Damai Makassar merupakan langkah BNPT dalam rangka mengoptimalkan kinerja Duta Damai di setiap daerah. Nantinya Duta Damai Makassar juga akan menjadi mitra Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Selatan dalam menebarkan perdamaian dan mencegah penyebaran radikalisme di tengah-tengah masyarakat baik secara online maupun offline.

Penutupan dan pengukuhan Duta Damai Makassar dihadiri oleh FKPT Sulawesi Selatan Prof. Dr. H.M. Arfin Hamid dan Sekretaris FKPT Drs. Anwar p. M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua FKPT Prof. Dr. H.M. Arfin Hamid menegaskan bahwa pihaknya akan memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan Duta Damai Makassar. Mereka juga akan dilibatkan dalam setiap kegiatan FKPT yang tujuannya untuk menebar perdamaian di dunia maya.

Tentang Dr. Suaib Tahir MA

Suaib Tahir adalah ex-Lokal Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia, di Khartoum, Sudan dan alumni salah satu Universitas di timur tengah. Selama di Sudan ia aktif mengikuti perkembangan politik di Timur Tengah, Afrika Utara dan Timur Saat ini tergabung dalam Pusat Media Damai (PMD) BNPT.

Baca Juga

Perkuat Pengawasan Dunia Maya dari Propaganda Radikal Terorisme Dengan Pemberdayaan Duta Damai

Perkuat Pengawasan Dunia Maya dari Propaganda Radikal Terorisme Dengan Pemberdayaan Duta Damai

Makassar – Sebagai upaya untuk meningkatkan pengawasan agar terhindar dari paham-paham radikjalisme dan terorisme melalui …