Home » Berita » 19 Tentara Suriah Tewas Diserang ISIS
Foto: AFP

19 Tentara Suriah Tewas Diserang ISIS

Damaskus – Meski sudah hancur lebur, kelompok militan ISIS masih bisa melancarkan serangan sporadis. Terakhir, sebuah serangan militan ISIS berhasil menewaskan 19 tentara pro pemerintah Suriah di kota Albu Kamal, Suriah Timur, awal pekan ini.

Kelompok pemantau HAM Suriah, Observatorium HAM Suriah dilansir kantor berita AFP via detik.com, serangan-serangan ISIS tersebut terjadi hampir sepanjang hari. Kebetulan wilayah terebut dekat perbatasan dengan Irak.

Serangan ini cukup mengejutkan. Pasalnya militan ISIS telah kalah di Suriah, namun masih bertahan di sejumlah kantong wilayah di Suriah timur dan Irak Utara. Namun meski secara sembunyi-sembunyi, potensi mereka untuk melancarkan serangan-serangan masih sangat besar.

Albu Kamal tadinya merupakan basis ISIS sejak kelompok radikal itu menguasai wilayah-wilayah Suriah sejak tahun 2014. Namun kota itu berhasil direbut kembali oleh pasukan Suriah pada akhir 2017, berkat dukungan Rusia yang melancarkan serangan-serangan udara.

Menurut Observatorium, ISIS kini menguasai kurang dari lima persen wilayah di Suriah, terutama kantong-kantong di gurun-gurun pasir di Suriah timur dan wilayah-wilayah Suriah tengah. Namun ISIS berhasil melancarkan serangan mendadak di ibu kota Damaskus bulan lalu dan berhasil menguasai distrik Qadam.

About HP HP