Turki Kutuk Keras Serangan Teroris PKK di Festival Anak Internasional

Ankara – Pemerintah Turki mengutuk keras serangan yang dilakukan teroris PKK saat festival anak internasional di Basel, Swiss. Teroris dan pendukungnya dinilai merendahkan diri sendiri hingga menargetkan festival anak-anak di jantung Eropa.

“Kami mengutuk keras serangan oleh para pendukung organisasi teroris pada Festival Anak Internasional 23 April,” kata Kementerian luar Negeri Turki dalam pernyataan tertulis, Minggu (8/5/2022) malam.

Kementerian menyebut, tindakan teroris tersebut merupakan bukti dari watak PKK yang sebenarnya. “Kami berharap pemulihan cepat bagi warga yang terluka di tengah serangan itu dan berharap para pelaku tindakan keji ini segera diadili dan menerima hukuman yang setimpal,” tambahnya.

Menurut pengunjung acara yang dimintai keterangan, sekitar 30 pendukung PKK awalnya menyerang secara verbal keluarga Turki yang ambil bagian dalam festival. Selanjutnya, mereka malah melemparkan penghalang besi yang melindungi area perayaan ke arah keluarga Turki tersebut.

Akibat serangan ini, sedikitnya enam orang terluka dan dibawa ke rumah sakit. Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK, yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa, telah bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang. Korban tewas termasuk perempuan, anak-anak dan bayi.