Tingkatkan Toleransi & Moderasi Beragama, BNPT Resmikan Papua Rumah Doa Segala Bangsa

Papua – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) terus merangkul segenap pihak untuk mengangkat nilai-nilai toleransi dan moderasi beragama. Minggu (3/7/2022), BNPT meresmikan Papua Rumah Doa Segala Bangsa di Sentani, Jayapura.

Peresmian dihadiri Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo, tokoh masyarakat Paulus Waterpauw (mantan Kapolda Papua), Kabaintelkam Polri Irjen Ahmad Dofiri, Kepala Badan Litbang Kemendagri Dr. Eko Prasetyanto, dan Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom.

Juga hadir Pendeta Lipiyus Biniluk Ketua FKUB ( Forum Kerukunan Umat Beragama ) Papua yang sekaligus menjadi tokoh pendiri Papua Rumah Doa Segala Bangsa.

Peresmian dilakukan Sekretaris Utama BNPT dengan menyembunyikan sirine.

Sestama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo menegaskan Papua Rumah Doa merupakan mitra BNPT dalam menyebarkan ajaran cinta kasih dan penyelesaian konflik tanpa kekerasan. Caranya dengan menumbuhkan moderasi beragama termasuk di Papua.

“Papua Rumah Doa Segala Bangsa adalah mitra BNPT dalam menyebarkan nilai cinta kasih dan penyelesaian konflik tanpa kekerasan,” terang Sestama BNPT dalam keterangannya.

Menurut Mayjen Dedi Sambowo nuansa moderat akan menumbuhkan sikap saling menghargai antar umat beragama. Dengan demikian akan mencegah konflik di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang sangat beragam.

“Kerukunan antar umat beragama harus diawali dengan cara pandang, sikap dan perilaku keagamaan yang moderat. Seperti yang kita lihat pada peresmian Papua Rumah Doa Segala Bangsa ini. Kita tahu, Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Maka, diperlukan seni dalam merawatnya, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat kita dapat meminimalisir adanya konflik,” urai Dedi Sambowo.