Beranda / Berita / Tamat di Suriah dan Irak, ISIS Bangkit di Afghanistan
Tamat di Suriah dan Irak ISIS Bangkit di Afghanistan

Tamat di Suriah dan Irak, ISIS Bangkit di Afghanistan

Kabul – Kabarnya sempat jarang didengar, ternyata diam-diam kelompok militan ISIS memperluas jejaknya di Afghanistan dengan merekrut ribuan pejuang baru pasca kehilangan kekhalifahan di Suriah dan Irak. Kelompok bersenjata itu merekrut pejuang baru dan merencanakan serangan terhadap Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya.

Hal itu diungkapkan pejabat intelijen Amerika Serikat yang berbasis di Afghanistan, dikutip Associated Press awal pekan ini. Dia menjelaskan, gelombang serangan baru-baru ini di ibukota, Kabul, adalah latihan untuk serangan yang bahkan lebih besar di Eropa dan Amerika Serikat.

Baca juga : Kurdi Serahkan 12 Anak Yatim Piatu Keluarga ISIS ke Prancis

“Kelompok ini adalah ancaman jangka pendek bagi tanah air kita dari Afghanistan. Itu tujuan mereka. Hanya masalah waktu,” kata pejabat itu tanpa menyebut nama.

“Ini sangat menakutkan,” tambahnya.

ISIS diketahui muncul di Afghanistan tidak lama setelah pejuang inti kelompok itu menyapu Suriah dan Irak pada tahun 2014. Afiliasi ISIS di Afganistan menyebut dirinya sebagai “Provinsi Khorasan”, sebuah nama yang diterapkan di beberapa bagian Afghanistan, Iran, dan Asia Tengah pada Abad Pertengahan Kehadiran kelompok itu awalnya berjumlah hanya beberapa puluh pejuang.

ISIS dipandang sebagai ancaman yang bahkan lebih besar daripada Taliban karena kemampuan militernya yang semakin canggih dan strateginya untuk menargetkan warga sipil, baik di Afghanistan maupun di luar negeri.

Tentang HP HP

Baca Juga

BNPT-LPSK Gelar Audiensi dan Koordinasi Pelayanan Hak-hak Korban Terorisme

Sentul – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menggelar …