Taliban Berjanji Tumpas Habis ISIS di Afghanistan

Kabul – Seorang pejabat senior Taliban menyatakan kelompoknya akan menumpas habis kehadiran militan ISIS yang beroperasi di wilayah Afghanistan. Pernyataan itu disampaikan saat para pakar memperingatkan ISIS kemungkinan akan meningkatkan aktivitas dan serangan mereka.

Dikutip dari Arab News, Minggu (25/9), usai menumbangkan pemerintahan Afghanistan yang didukung Barat pada pertengahan Agustus lalu, menghadapi serangan mematikan di bandara Kabul dan rentetan serangan bom di kota Jalalabad, yang semuanya diklaim oleh ISIS Khorasan (ISIS-K).

ISIS muncul di Afghanistan akhir tahun 2014, namun kekuatannya menurun dari puncak tahun 2018 setelah serangkaian kekalahan besar yang dipicu Taliban juga pasukan AS di negara tersebut. Kelompok ISIS mengecam Taliban saat mengambil alih kekuasaan di Afghanistan, dan mengkritik kepemimpinan Islamis versi mereka sebagai aliran garis keras yang tidak memadai.

Kekuatan ISIS-K sekarang diperkirakan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mencapai kurang dari 2.000 personel, dibandingkan dengan 100.000 petempur Taliban.

Awal pekan ini, juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengecilkan ancaman ISIS dengan menyebut kelompok itu tidak memiliki ‘kehadiran efektif’ di Afghanistan. Dia menyebut ‘beberapa orang yang mungkin warga Afghanistan telah mengadopsi mentalitas ISIS’ dan menegaskan Taliban akan menghentikan mereka.

Juru bicara Taliban lainnya, Bilal Karimi, yang merupakan anggota komisi kebudayaan Taliban menjanjikan kelompoknya akan memberangus kehadiran ISIS.

“Segera mereka akan diberangus,” tegas Karimi kepada Arab News.

“Kami meyakinkan orang-orang bahwa setiap kelompok yang ingin mengkonfrontasi kami, akan dihukum,” imbuhnya