Beranda / Berita / Tahun Depan, Indonesia Usung Pemberantasan Terorisme di DK PBB

Tahun Depan, Indonesia Usung Pemberantasan Terorisme di DK PBB

Jakarta – Setelah selesai menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB (DK PBB) selama Mei 2019, Indonesia akan kembali mendapat giliran menjadi ketua pada September 2020.

Saat menjadi ketua DK PBB sepanjang Mei lalu, Indonesia mengusung tema “Investing in Peace” yang berfokus pada upaya menjaga perdamaian secara berkesinambungan. Untuk tema tahun depan, Indonesia berencana mengusung pemberantasan terorisme.

“Saat menentukan tema, kita melihat kemampuan kita mengenai itu. Kita punya kemampuan yang cukup tinggi, termasuk soal pemberantasan terorisme,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral, Febrian Alphyanto Ruddyard, di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, dikutip Medcom.id, Selasa (11/6/2019).

“Kita salah satu negara yang dianggap bisa memberantas terorisme dengan tetap berada dalam kerangka hukum. Kita tidak menggunakan extrajudicial (di luar jalur hukum),” lanjut dia.

Baca juga : Terduga Teroris Kelompok Uzla Pengikut ISIS di Kalteng, DPO Mabes Polri

Febrian mengatakan banyak negara anggota PBB belajar dari Indonesia mengenai penanggulangan terorisme dan ekstremisme. Indonesia dianggap memiliki metode yang baik dalam menangani terorisme, karena melibatkan pendekatan lembut atau soft power.

“Kita menghadapi isu terorisme tidak hanya dengan hard power, tapi soft power. Terorisme itu kan sumbernya ada di otak, jadi kita mencari cara bagaimana mengubah pikiran seseorang agar tidak radikal,” ungkap Febrian.

Beragam kegiatan telah mewarnai keketuaan Indonesia di DK PBB sepanjang Mei. Dari beragam kegiatan itu, terdapat lima yang disebut sebagai Signature Events Indonesia. Salah satu kegiatan itu adalah Resepsi diplomatik dan pertunjukan budaya Indonesia, yang digelar di momen-momen akhir keketuaan.

Resepsi dihadiri diplomat negara-negara anggota, yang sebagian diantaranya mengenakan pakaian batik. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga terlihat mengenakan batik miliknya sendiri.

Tentang HP HP

Baca Juga

China Klaim Capai Kesepakatan Anti Terorisme dengan PBB

Jakarta – China mengklaim telah mencapai kesepakatan dengan PBB terkait kerangka anti terorisme. Kementerian Luar …