Somalia Diguncang Bom Bunuh Diri Kelompok Al-Shabaab, 9 Tewas

Mogadishu – Bom bunuh diri kembali terjadi di dekat pos pemeriksaan keamanaan di Mogadishu, Somalia. Sembilan orang tewas yang sebagian besar anggota pasukan keamanan Somalia.

“Masih ada penyelidikan yang sedang berlangsung tetapi dengan semua indikasi sejauh ini, seorang pembom bunuh diri menyebabkan ledakan itu,” kata petugas polisi Mohamed Ali dikutip dari AFP, Rabu (15/9/2021).

Ali mengungkapkan bahwa enam anggota pasukan keamanan dan tiga warga sipil tewas dan 11 orang lainnya terluka.

Pemboman itu diklaim dilakukan oleh kelompok Islam Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda, yang telah berjuang untuk menggulingkan pemerintah federal Somalia sejak 2007 dan telah melakukan gelombang serangan.

“Saya melewati daerah itu beberapa menit setelah ledakan, seluruh daerah itu berantakan dengan sepatu yang ditinggalkan milik para korban,” kata saksi Kudow Yusuf.

Saksi lain, Adan Hussein, mengatakan dia melihat beberapa mayat, beberapa di antaranya berseragam, dibawa ke ambulans.

Bulan lalu, para ekstremis mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri di sebuah kafe di Mogadishu yang menewaskan dua orang dan melukai lima orang.

Kelompok militan menguasai ibu kota sampai 2011 ketika didorong keluar oleh pasukan Uni Afrika, tetapi masih menguasai wilayah di pedesaan dan sering melancarkan serangan terhadap pemerintah dan sasaran sipil di Mogadishu dan di tempat lain.