Sepanjang Bulan Ini, Taliban Tangkap Ratusan Teroris ISIS di Afghanistan

Kabul – Kelompok Taliban menyatakan telah menangkap sekitar 250 teroris ISIS di Afghanistan sepanjang bulan ini.

“Lebih dari 250 teroris ISIS ditangkap di Afghanistan dalam satu bulan terakhir, yang kebanyakan dari mereka adalah bekas tahanan yang dibebaskan dalam beberapa bulan lalu,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, dikutip Afghan Voice Agency (AVA), Kamis (21/10/2021).

Sementara itu, salah satu mantan komandan militer Afghanistan, Mohammad Sadeq Shinwari mengatakan badan-badan intelijen Taliban harus melacak dan menghancurkan tempat persembunyian ISIS.

“Jika ini tidak dilakukan, ISIS akan menjadi sebuah bahaya serius bagi keamanan Afghanistan,” tambahnya.

Rusia menyatakan kekhawatiran atas kehadiran teroris ISIS di Afghanistan Utara. Negara-negara anggota Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Rusia, telah melakukan latihan militer di dekat perbatasan Afghanistan dan Tajikistan.

Presiden Vladimir Putin mengaku khawatir atas kehadiran ISIS di dekat perbatasan negara-negara Asia Tengah. Dia meminta peningkatan keamanan di daerah yang berbatasan dengan Afghanistan.

Sebelumnya, kelompok teroris ISIS mengklaim menjadi dalang di balik serangan masjid di Afghanistan pada Jumat malam (15/10/2021).

Serangan itu terjadi di masjid Syiah di kota Kandahar, Afghanistan Selatan yang menewaskan 47 orang dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka ketika para jamaah sedang melaksanakan shalat Jumat di masjid tersebut.

“Kelompok teror ISIS mengaku bertanggung jawab Jumat malam atas serangan masjid mematikan di Afghanistan,” tulis laporan Anadolu Agency, kantor berita resmi Turki, dikutip Minggu (17/10).

Kelompok teroris Daesh atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim menjadi dalang di balik serangan masjid di Afghanistan pada Jumat malam (15/10/2021).