Rusia Pertimbangkan Hapus Taliban dari Daftar Kelompok Teroris

Moskwa – Dalam acara pertemuan International Valdai Club, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut tentang kemungkinan negaranya menghapus Taliban dari daftar kelompok teroris.

Namun untuk mewujudkannya, penghapusan itu harus terjadi di tingkat Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Menurut Putin, saat ini negaranya sedang mempertimbangkan untuk menghapus Taliban dari daftar kelompok ekstremis.

“Kita semua berharap bahwa orang-orang ini, Taliban, yang tidak diragukan lagi mengendalikan situasi di Afghanistan akan memastikan bahwa situasi berkembang secara positif,” kata Putin.

Sikap resmi Rusia tersebut pun mendapatkan respon positif dari Taliban.

Taliban menyambut positif rencana penghapusan dari daftar teroris.

“Kementerian Luar Negeri Afghanistan menyambut baik pernyataan Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin, mengenai penghapusan nama-nama pemimpin IEA dari daftar hitam,” kata Abdul Qahar Balkhi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan di pemerintahan sementara negara itu pada Minggu (24/10/2021) melansir Hindustan Times.

“Ketika babak perang telah berakhir, negara-negara dunia juga harus membawa perubahan positif dalam hubungan dan pendekatan mereka terhadap Afghanistan. Kami mencari hubungan positif dengan komunitas internasional berdasarkan prinsip timbal balik,” cuit juru bicara Taliban.

Taliban menguasai Kabul pada Agustus dan mereka mengumumkan pemerintahan sementara Afghanistan pada September. Taliban mendorong pengakuan internasional.

Namun, komunitas dunia telah memperjelas bahwa Taliban harus memenuhi janji yang telah mereka buat sebelum pengakuan apa pun.