Regenerasi Duta Damai jadi Suntikan Penyemangat Generasi Muda untuk Berperan Aktif Cegah Radikal Terorisme

Lombok Barat – Regenerasi Duta Damai Dunia Maya harus menjadi suntikan semangat bagi para duta damai agar dapat terus berkarya serta berperan aktif dalam upaya pencegahan paham radikal terorisme terutama dikalangan generasi muda.

Hal tersebut dikatakan Kasubdit Kontra Propaganda (KP) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kolonel Pas. Drs Sujatmiko, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Regenerasi dan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional Nusa Tenggara Barat (NTB) saat acara pengukuhan Regenerasi Duta Damai NTB yang berlangsung di Lombok Barat, NTB, Jumat (25/3/2022)

“Pelatihan kali ini bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi tugas duta damai yang sesungguhnya adalah perjuangan dan pengabdian pasca pelatihan untuk selalu memberikan edukasi dan literasi kepada generasi milenial demi kepentingan bangsa dan negara,” ujar Kolonel Pas. Sujatmiko

Lebih lanjut, Kasubdit KP berharap para Duta Damai Dunia Maya NTB yang juga merupakan pegiat dunia maya untuk dapat menghasilkan produk narasi alternatif khusunya dalam mengimbangi atau melawan narasi radikal yang sekarang marak tersebar di dunia maya.

“Saya lihat Duta Damai NTB ini telah memiliki pemahaman yang baik karena merupakan pegiat dunia maya, oleh sebab itu kita harapkan nanti bisa berkolaborasi dengan stakeholder di daerah, misalnya pemerintah daerah, TNI, POLRI, maupun komunitas yang lain yang sesuai dengan kebijakan pentahelix,” ujar mantan Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Sam Ratulangi Manado ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Abdul Wahid, S.H., M.H. yang turut hadir dalam pengukuhan tersebut sangat mengapresiasi kegiatan serta antusiasme pemuda NTB.

Ia berharap momen ini dapat menjadi gambaran komitmen dalam rangka melakukan upaya yang terkait kontra radikalisasi dan deradikalisasi khususnya di provinsi NTB.

“Kami sangat mengapresiasi dan memiliki harapan yang besar utuk kita bisa bersinergi bersama-sama, berkolaborasi dan berkoordinasi dalam mencari program yang menjadi renacana aksi dalam rangka melakukan pencegahan terhadap radikalisme dan terorisme di NTB. Saya berterimakasih kepada para pemuda yang telah berpatisipasi sebagai rasa cinta kepada negara,” ujar Lalu Abdul Wahid