Pitutur Kebangsaan Langkah BNPT dan FKPT Sulteng Libatkan Pemuda Cegah Radikalisme dan Terorisme

Sigi – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tengah melakukan upaya-upaya pencegahan Radikalisme dan Terorisme. Pencegahan itu dilakukan dengan melibatkan pemuda dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme dengan Pitutur Kebangsaan.

Kegiatan itu bertempat di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (3/8/2022). Kasubdit Pengaman Lingkungan BNPT Kolonel Laut Setyo Pranowo menjelaskan, terorisme adalah tindakan kejahatan luar biasa.

Menurutnya, tindakan kejahatan terorisme juga melanggar HAM sebagai hak dasar secara yakni hak untuk merasa nyaman dan aman serta hak untuk hidup.

“Dampak Terorisme pun tidak hanya menimbulkan korban jiwa dan kerusakan pada harta benda, namun juga merusak stabilitas negara, keamanan, sosial budaya dan sebagainya, ” ujar Setyo.

Dia mengatakan, saat ini penyebaran paham radikal dikalangan pemuda maupun pelajar terus digencarkan oleh kelompok radikal Terorisme, terutama melalui media sosial.

“Inilah yang harus diwaspadai bersama karena bagi kelompok radikal terorisme, pemuda adalah target utama penyebaran paham dan perekrutannya,” kata Kasubdit Pengaman Lingkungan BNPT tersebut.

Menurutnya, antara Pemuda dan Media Sosial merupakan dua point strategis dalam transformasi paham dan perekrutan anggota kelompok radikal terorisme.

“Kami berharap melalui kegiatan ini para pemuda umumnya di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Sigi untuk secarq bersama-sama menjaga kedamaian negara dengan menolak paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan NKRI,” jelas Setyo.

Hadir secara langsung Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta, Pengurus FKPT Sulteng, Kasubdit Pengaman Lingkungan BNPT Kolonel Laut Setyo Pranowo dan peserta merupakan pemuda dan pelajar serta mahasiswa.