Beranda / Berita / Pimpinan Tertinggi ISIS Dilaporkan Tunjuk Pria Irak Gantikan Dirinya

Pimpinan Tertinggi ISIS Dilaporkan Tunjuk Pria Irak Gantikan Dirinya

Mosul –  Pemimpin tertinggi kelompok teroris Islamic State (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan sudah menunjuk seorang pria Irak sebagai pengganti dirinya. Pria dimaksud tersebut bernama Abdullah Qardash.

Informasi ini kali pertama diumumkan media propaganda ISIS, Amaq Agency dan dikutip Anadolu Agency, Senin (12/8).

Jika informasi ini bisa terkonfirmasi, langkah itu dapat menunjukkan bahwa kesehatan al-Baghdadi semakin memburuk. Pemimpin kelompok teroris paling dicari di dunia itu dilaporkan terluka dalam pertempuran dan terakhir muncul dalam sebuah video pada akhir April 2019.

Dilaporkan Amaq, al-Baghdadi menunjuk Abdullah Qardash sebagai penggantinya. Dia merupakan warga Telafar dekat Mosul, Irak utara, yang berasal dari Turkmenistan.

Baca juga : PBB: ISIS Masih Punya Kekayaan Rp4,3 Triliun Untuk Teror Dunia

Senasib dengan al-Baghdadi, Qardash pernah ditahan oleh pasukan AS di Irak setelah penggulingan rezim Saddam Hussein tahun 2003.

Qardash telah menjadi komisaris agama untuk kelompok al-Qaeda sebelum bergabung dengan Islamic State atau ISIS. Qardash menyambut al-Baghdadi di Mosul ketika kota itu jatuh ke kelompok ISIS pada tahun 2014.

Dalam rekaman video April 2019, al-Baghdadi mengatakan ISIS telah meluncurkan perang gesekan yang ditahbiskan oleh Tuhan. Pengumuman itu menyusul kekalahan ISIS oleh milisi Kurdi yang didukung koalisi pimpinan AS di Suriah timur dan pembunuhan banyak petingginya oleh pasukan AS.

Mosul menjadi wilayah terakhir yang diduduki ISIS sebelum direbut kembali oleh pasukan Irak yang dibantu koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat (AS)

Tentang BEM

Baca Juga

Pria Toronto yang Mencoba Gabung ISIS Bebas dari Penjara

Ontario – Seorang pria asal Toronto, Kanada, Pamir Hakimzadah yang mencoba bergabung dengan ISIS telah …