Beranda / Berita / Kegiatan / Bersama Tokoh Agama / Pemuka Agama Hindu dan Buddha Apresiasi BNPT Siapkan SOP Pengamanan Pura dan Vihara dari Ancaman Terorisme

Pemuka Agama Hindu dan Buddha Apresiasi BNPT Siapkan SOP Pengamanan Pura dan Vihara dari Ancaman Terorisme

Yogyakarta – Upaya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam program pengamanan rumah ibadah diapresiasi oleh Kasubdit Kelembagaan Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama, Karsan S.Ag. M.Pd. Menurutnya langkah BNPT telah menyadarkan pihaknya bahwa dibutuhkan SOP pengamanan terkait ancaman terorisme yang selama ini tidak terpikirkan.

Hal itu disampaikan Karsan dalam kegiatan Sosialisasi Standar Operasi Prosedur Pengamanan Pura dan Vihara dalam Menghadapi Ancaman Terorisme yang diadakan oleh Subdit Pengamanan Lingkungan BNPT, Yogyakarta (8/8/19).

“Kita dari Dirjen Bimas Buddha mengapresiasi langkah BNPT karena peduli. Selama ini kami tidak terpikirkan pengamanan terkait terorisme. Nah saat ini para tokoh-tokoh sudah datang, mari kita bersama-sama berbuat demi mendukung BNPT membuat SOP,” ungkapnya.

Karsan mengharapkan nantinya para pengurus rumah ibadah dapat menerapkan SOP tersebut, kemudian saling bekerja sama dengan pihak lain agar terwujud upaya pengaman yang maksimal, karena merupakan bentuk amanah dari umat dalam pengurusan rumah ibadah.

Baca juga : BNPT Tekankan Pentingnya Kolaborasi Pengurus Rumah Ibadah Dengan Aparat Daerah

“Bapak ibu,kita sudah diberi amanah oleh umat, inilah kewajiban kita, pengurus rumah ibadah harus berjibaku dan rela, saling koordinasi, dengan RT/RW. Itu penting bapak ibu, kemudian Lurah, Camat, Polsek, Polres, Kodim, nanti mereka akan membantu memantau,” ungkapnya.

Hal serupa juga diutarakan Kasubdit Kelembagaan Dirjen Bimas Hindu, Kementerian Agama, I Putu Suhartama, S.Ag, MM. Menurutnya selama ini masyarakat terlena beribadah, tanpa sadar dan memperhatikan lingkungan disekitar tempat ibadah jika ada ancaman, sehingga kepedulian BNPT dalam menyediakan SOP pengamanan perlu diapresiasi.

“Kita terlena beribadah, tapi kadang tidak sadar di lingkungan kita itu ada tamu, ada ancaman, Dengan niat baik BNPT kita dibuatkan upaya penanggulangan terorisme, bahayanya, ancamannya, kita disiapkan” ungkapnya.

Putu berharap setelah kegiatan, akan didapatkan SOP-SOP internal untuk para pengurus rumah ibadah, dimana akan disampaikan para masing-masing pengurus kepada umat.

“Setelah kegiatan ini, kita mengadakan sosialisasi ke umat, baik melalui sisi psikologis,psikososial, dan sisi-sisi lainnya. Disitulah bapak- ibu penyuluh diharapkan bisa menyisipkan SOP yang telah ini kepada umat saat acara-acara keagamaan” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Peneliti Kriminolgi Universitas Indonesia Dr. Muhammad Kemal Dermawan M.Si, serta pengurus Pura dan Vihara dari beberapa kota seperti Medan, Jakarta, Yogyakarta dan Bali, serta aparat daerah terkait seperti Polsek, Kodim, Kesbangpol, dan pemadam kebakaran.

Tentang PMD

Admin situs ini adalah para reporter internal yang tergabung di dalam Pusat Media Damai BNPT (PMD). Seluruh artikel yang terdapat di situs ini dikelola dan dikembangkan oleh PMD.

Baca Juga

Muhammadiyah Siap Bantu BNPT Lindungi NKRI dari Radikalisme dan Ekstremisme

Solo – Muhammadiyah siap membantu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memerangi penyebaran radikalisme dan ekstremisme. …