Pasukan Prancis Berhasil Tangkap Tokoh Senior ISIS di Mali

Paris – Pasukan Prancis yang beroperasi di perbatasan antara Mali dan Niger telah menangkap seorang tokoh senior kelompok bersenjata Negara Islam di Sahara Besar (ISGS). Informasi itu diungkapkan pihak berwenang di Paris.

Dikutip dari Al Jazeera, dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada Rabu (15/6/2022), Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis mengatakan, Oumeya Ould Albakaye ditangkap semalam pada 11-12 Juni oleh Operasi Barkhane. Operasi Barkhane merupakan sebuah operasi militer Prancis yang dikerahkan di wilayah Sahel sejak 2013.

“Pada malam 11-12 Juni, operasi pasukan Barkhane memungkinkan penangkapan Oumeya Ould Albakaye, seorang tokoh senior Negara Islam di Sahara Besar (ISGS),” kata juru bicara kepala staf kepada AFP, dikutip France24.

Tentara Prancis dari operasi Barkhane melipat bendera Prancis setelah diturunkan dari tiang bendera pangkalan militer Barkhane selama upacara serah terima kepada tentara Mali di Timbuktu, pada 14 Desember 2021.

Menurut pernyataan itu, aksi militer yang dimulai beberapa minggu lalu, melibatkan angkatan udara dan satu unit darat. Albakaye akan ditahan oleh pasukan Prancis untuk diinterogasi selama beberapa hari, kemudian diserahkan kepada pihak berwenang Mali, tambah militer.

Mali telah dilanda kekerasan selama satu dekade, terutama di wilayahnya yang berbatasan dengan Niger dan Burkina Faso.